Friday, February 2, 2018

Mengatasi Masalah Dapodik 2018 We are sorry, but something went terribly wrong

Mengatasi Masalah Dapodik 2018 We are sorry, but something went terribly wrong

sebelumnya harap lakukan uninstal dengan sempurna, lakukan scaning virus menyeluruh,setelah restart harap cari di local c, hapus folder dapodik, kemudian baru instal dapodik 2018b nya, 

WE ARE SORRY, BUT SOMETHING WENT TERRIBLY WRONG adalah terjadi karena DAPODIKDB nya tidak berjalan atau running pada sitem windows, terkadang berbagai upaya sudah kita lakukan agar DAPODIKDB nya running namun selalu gagal sehingga dapodik kita tidak bisa buka.  Yang menjadi maslah adalah ketika data sudah kita input tetapi belum melakukan sinkronisasi sehingga data yang sudah kita input tersebut akan hilang dengan percuma, apalagi waktunya sudah mepet. untuk menghadapi hal seperti ini kita harus tenang jangan terlalu panik karena kepanikan akan membuat kita semakin pusing, untuk menjawab permasalahan diatas saya sudah pernah mengalami hal tersebut dan syukurnya sukses tanpa harus menginput ulang, walaupun harus berspekulasi dengan menginstal ulang aplikasi dapodiknya, eeeetttttttssssssssssss jangan terburu buru menginstal ulang dapodiknya karena akan merugikan kita jika belum menyimak langkah langkahnya dibawah ini,... baikalh langsung saja kita ke sebuah intinya :tahap pertama, silahkan agan buka terlebih dahulu SERVICES caranya masuk ke search terus tulis services silahkan tekan enter nanti akan keluar seperti gambar berikut ini,  lalu caridapodikdb lihat statusnya running atau tidak, jika tidak running silahkan klik kanan pilih star nanti akan ada proses akhirnya, jika running makan silahkan buka aplikasi dapodiknya berarti tidak bermasalah TETAPI jika masih tidak bisa running berarti memang data aplikasi dapodik kita eror, jika tidak bisa silahkan lanjutkan membaca tahap kedua.  

tahap kedua, setelah melakukan tahap diatas tidak berhasi maka langkah selanjutnya kita selamatkan terlebih dahulu data yang sudah kita input sebelum kita melakukan instal ulang dapodiknya cara nya kita masuk ke bagian dimana tempat penginstalan dapodik kita misal driver c/program files (86)/dapodik/database silahkan kalian copy folder database pindahkan driver lain misal di driver d, agar data tersebut ketika kita uninstal dapodiknya data tersebut tidak hilang karena data hasil inputan kita semuanya masuk di folder tersebut. kalaupun masih kurang puas copy saja mulai dari folder dapodiknya. setelah kita pastikan datanya sudah kita pindah kan, maka silahkan lakukan uninstal dapodiknya dan lakukan instal ulang seperti biasanya menggunakan prefil yang lama tidak masalah sampai kita bisa login ke dapodik. 

tahap ketiga,  jika sudah kita instal uang dapodiknya maka langkah ini akan memakan waktu yang lama karena satu persatu kita akan lakukan. simak baik baik ya karena langkah ini langkah terahir untuk mengembalikan data kita 

  • silahkan agan buka folder yang agan pindahkan tadi cari folder database didalamnya ada folder base silahkan copykan ke tempat penginstalan dapodik kita driver c/program files(86)/dapodik/database/kita pastekan foleder tersebut jika ada peringatan silahkan pilih reflace az karna datanya akan tertimpa. 
  • setelah itu buka lagi hasil data pindahan kita tdi cari folder pg_xlog caranya sama dengan yang diatas kita paste kan lagi di dalam forder database. sampai disini silahkan agan buka SERVICES seperti gambar di atas lakukan star pada DAPODIKDBnya jika running maka coba buka dapodiknya dan lakukan login periksa semua data yang kita inputkan apakah berhasi atau tidak. mudah mudahan berhasil karena pengalaman saya sudah pernah melakukannya dan alhasil BERHASIL. 
  • jika masih tidak berubah data kita tetapi dapodiknya masih bisa dibuka dan tidak eror maka kita lanjutkan pindahkan data yang kita simpan di driver yang lain tadi cari folder global caranya sama dengan di atas pindahkan di tempat penginstaln dapodik kita. lakukan star lagi pada services dan lakukan login insyaallah berhasil. 
cara ke dua hehe :
Berikut cara / solusi mengatasi masalah tersebut agar data-data yang sudah dikerjakan biar data yang sudah terentri tidak hilang, lakukan dengan langkah-langkah:

1)   Stop services DapodikWebSrv dan juga DapodikDB (tekan tombol Win+R dan ketik services.msc lalu klik pada services tersebut dan klik Stop)

2)   Buka Window Explorer dan rename folder Dapodik menjadi Dapodik_asli (ini folder dari Aplikais Dapodik yang sudah ada database isian data pekerjaan Anda yang belum sempat disinkronisasikan) terdapat di folder Program Files (x86) atau di folder Program Files di sebagian komputer.
3)   Jalankan Regedit (tekan tombol Win+R ketik regedit) lalu masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\DitjenDikdasmen\Dapodik dan hapus key folder Dapodik.

4)   Install Dapodik 2018b versi terakhir. Setelah selesai buka browser dan hapus history browsernya lalu buka di addressbar: localhost:5774

5)   Jika sudah berhasil dibuka dapodiknya, tutup kembali browser dan Stop services DapodikDB dan DapodikWebSrv

6)   Gunakan window explorer untuk mengcopy subfolder database dan dataweb dari folder Dapodik_asli ke folder Dapodik (Replace All). Jika sudah selesai mengcopy lakukan restart windows. Insya Allah, sudah bisa login kembali di Dapodik dengan data yang masih utuh sesuai sebelum error.


unruk lebih jelasnya bisa melihat tutorial videonya di sini  https://www.youtube.com/watch?v=V6MFj7xmrDE

Aplikasi  dapodikdasmen V.2018 sudah terinstall sesuai dengan tahapan yang benar, namun saat dijalankan tidak bisa dibuka dengan keterangan we are sorry, but someting went terrbily wrong. Apa yang harus dilakukan ?


Jawaban: langkah yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan service database dapodikdasmen. Langkah pengecakan  service database:

    Klik start - klik  run - service.msc, cek service dapodikdb (klik start ), jika dapodikdb running silahkan buka login aplikasinya.
    Jika cara no. 1 belum juga bisa running dapodikdbnya, silahkan buka program file - dapodik. -database ( pastikan file berjumlah 18 file didalam folder database nya ), biasanya ada file yg corrupt atau hilang.

solusi terakhir : instal ulang laptop nya hehe


demikian cara mengatasi WE ARE SORRY, BUT SOMETHING WENT TERRIBLY WRONG salam 

1 comment:

  1. I truly like this is totally titanic for everyone especially for me. I direct various issues about download accounts from Facebook and YouTube. Online video downloader Facebook video downloader is on a certainly key level key and these are free which would all have the choice to use with no issue.
    Fb online videos

    ReplyDelete

Entri yang Diunggulkan

TRICK CLEAN UP WINDOW 10

  TRICK CLEAN UP WINDOW 10 Antonhehe.blogspot.com Trick 1 Pertama-tama, pergi ke menu Search dan masukan kata kunci "Disk C...