Friday, February 2, 2018

Mengatasi Masalah Dapodik 2018 We are sorry, but something went terribly wrong

Mengatasi Masalah Dapodik 2018 We are sorry, but something went terribly wrong

sebelumnya harap lakukan uninstal dengan sempurna, lakukan scaning virus menyeluruh,setelah restart harap cari di local c, hapus folder dapodik, kemudian baru instal dapodik 2018b nya, 

WE ARE SORRY, BUT SOMETHING WENT TERRIBLY WRONG adalah terjadi karena DAPODIKDB nya tidak berjalan atau running pada sitem windows, terkadang berbagai upaya sudah kita lakukan agar DAPODIKDB nya running namun selalu gagal sehingga dapodik kita tidak bisa buka.  Yang menjadi maslah adalah ketika data sudah kita input tetapi belum melakukan sinkronisasi sehingga data yang sudah kita input tersebut akan hilang dengan percuma, apalagi waktunya sudah mepet. untuk menghadapi hal seperti ini kita harus tenang jangan terlalu panik karena kepanikan akan membuat kita semakin pusing, untuk menjawab permasalahan diatas saya sudah pernah mengalami hal tersebut dan syukurnya sukses tanpa harus menginput ulang, walaupun harus berspekulasi dengan menginstal ulang aplikasi dapodiknya, eeeetttttttssssssssssss jangan terburu buru menginstal ulang dapodiknya karena akan merugikan kita jika belum menyimak langkah langkahnya dibawah ini,... baikalh langsung saja kita ke sebuah intinya :tahap pertama, silahkan agan buka terlebih dahulu SERVICES caranya masuk ke search terus tulis services silahkan tekan enter nanti akan keluar seperti gambar berikut ini,  lalu caridapodikdb lihat statusnya running atau tidak, jika tidak running silahkan klik kanan pilih star nanti akan ada proses akhirnya, jika running makan silahkan buka aplikasi dapodiknya berarti tidak bermasalah TETAPI jika masih tidak bisa running berarti memang data aplikasi dapodik kita eror, jika tidak bisa silahkan lanjutkan membaca tahap kedua.  

tahap kedua, setelah melakukan tahap diatas tidak berhasi maka langkah selanjutnya kita selamatkan terlebih dahulu data yang sudah kita input sebelum kita melakukan instal ulang dapodiknya cara nya kita masuk ke bagian dimana tempat penginstalan dapodik kita misal driver c/program files (86)/dapodik/database silahkan kalian copy folder database pindahkan driver lain misal di driver d, agar data tersebut ketika kita uninstal dapodiknya data tersebut tidak hilang karena data hasil inputan kita semuanya masuk di folder tersebut. kalaupun masih kurang puas copy saja mulai dari folder dapodiknya. setelah kita pastikan datanya sudah kita pindah kan, maka silahkan lakukan uninstal dapodiknya dan lakukan instal ulang seperti biasanya menggunakan prefil yang lama tidak masalah sampai kita bisa login ke dapodik. 

tahap ketiga,  jika sudah kita instal uang dapodiknya maka langkah ini akan memakan waktu yang lama karena satu persatu kita akan lakukan. simak baik baik ya karena langkah ini langkah terahir untuk mengembalikan data kita 

  • silahkan agan buka folder yang agan pindahkan tadi cari folder database didalamnya ada folder base silahkan copykan ke tempat penginstalan dapodik kita driver c/program files(86)/dapodik/database/kita pastekan foleder tersebut jika ada peringatan silahkan pilih reflace az karna datanya akan tertimpa. 
  • setelah itu buka lagi hasil data pindahan kita tdi cari folder pg_xlog caranya sama dengan yang diatas kita paste kan lagi di dalam forder database. sampai disini silahkan agan buka SERVICES seperti gambar di atas lakukan star pada DAPODIKDBnya jika running maka coba buka dapodiknya dan lakukan login periksa semua data yang kita inputkan apakah berhasi atau tidak. mudah mudahan berhasil karena pengalaman saya sudah pernah melakukannya dan alhasil BERHASIL. 
  • jika masih tidak berubah data kita tetapi dapodiknya masih bisa dibuka dan tidak eror maka kita lanjutkan pindahkan data yang kita simpan di driver yang lain tadi cari folder global caranya sama dengan di atas pindahkan di tempat penginstaln dapodik kita. lakukan star lagi pada services dan lakukan login insyaallah berhasil. 
cara ke dua hehe :
Berikut cara / solusi mengatasi masalah tersebut agar data-data yang sudah dikerjakan biar data yang sudah terentri tidak hilang, lakukan dengan langkah-langkah:

1)   Stop services DapodikWebSrv dan juga DapodikDB (tekan tombol Win+R dan ketik services.msc lalu klik pada services tersebut dan klik Stop)

2)   Buka Window Explorer dan rename folder Dapodik menjadi Dapodik_asli (ini folder dari Aplikais Dapodik yang sudah ada database isian data pekerjaan Anda yang belum sempat disinkronisasikan) terdapat di folder Program Files (x86) atau di folder Program Files di sebagian komputer.
3)   Jalankan Regedit (tekan tombol Win+R ketik regedit) lalu masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\DitjenDikdasmen\Dapodik dan hapus key folder Dapodik.

4)   Install Dapodik 2018b versi terakhir. Setelah selesai buka browser dan hapus history browsernya lalu buka di addressbar: localhost:5774

5)   Jika sudah berhasil dibuka dapodiknya, tutup kembali browser dan Stop services DapodikDB dan DapodikWebSrv

6)   Gunakan window explorer untuk mengcopy subfolder database dan dataweb dari folder Dapodik_asli ke folder Dapodik (Replace All). Jika sudah selesai mengcopy lakukan restart windows. Insya Allah, sudah bisa login kembali di Dapodik dengan data yang masih utuh sesuai sebelum error.


unruk lebih jelasnya bisa melihat tutorial videonya di sini  https://www.youtube.com/watch?v=V6MFj7xmrDE

Aplikasi  dapodikdasmen V.2018 sudah terinstall sesuai dengan tahapan yang benar, namun saat dijalankan tidak bisa dibuka dengan keterangan we are sorry, but someting went terrbily wrong. Apa yang harus dilakukan ?


Jawaban: langkah yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan service database dapodikdasmen. Langkah pengecakan  service database:

    Klik start - klik  run - service.msc, cek service dapodikdb (klik start ), jika dapodikdb running silahkan buka login aplikasinya.
    Jika cara no. 1 belum juga bisa running dapodikdbnya, silahkan buka program file - dapodik. -database ( pastikan file berjumlah 18 file didalam folder database nya ), biasanya ada file yg corrupt atau hilang.

solusi terakhir : instal ulang laptop nya hehe


demikian cara mengatasi WE ARE SORRY, BUT SOMETHING WENT TERRIBLY WRONG salam 

Thursday, February 1, 2018

Cara Validasi PIP 2018

Cara Validasi PIP 2018 - Sahabat Operator sekolah yang saya kasihi,, Kementerian pendidikan telah merilis aplikasi web khususnya jenjang pendidikan sekolah dasar. yaitu alamat http://pipsd.kemdikbud.go.id yang berfungsi untuk memvalidasi data PIP sebagai program kemendikbud untuk memberikan bantuan tunai kepada siswa yang layak mendapatkan program PIP.


Apa Itu PIP?


PIP adalah Program Indonesia Pintar yang berupa Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diterbitkan oleh kemdikbud merupakan bantuan kepada anak usia sekolah dengan kisaran usia yang ditangggung oleh pemerintah pusat mulai dari umur 6 tahun sampai dengan umur 21 tahun. Wah luar biasakan ? 

Sasaran PIP adalah siswa yang berasal dari keluarga miskin, anak yang berasal dari yatim piatu, korban bencana alam dan anak penyandang cacat, baik cacat mental maupun cacat fisik.  Dalam aplikasi dapodikdasmen sudah jelas alasan sekolah mengusulkan PIP kepada anak dengan dengan pilihan item alasan yang ada.

Siswa yang mendapatkan program Indonesia Pintar adalah siswa yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Perlindungan Sosial(KPS), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Semua kartu baik KKS, KPS, PKH perlu diinput dengan benar dalam data rinci peserta didik.

Program Indonesia Pinta (PIP) adalah bentuk kerja sama dengan 3 Kemneterian yaitu Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Agama (Kemenag) Nah Nomor kartu KKS, KPS, PKH wajib diisi dengan benar dalam aplikasi dapodik karena nomor dan data tersebut saling sinkron dengan 3 kementerian.

Jumlah nominal dana PIP pertahun adalah 

  1. Jenjang Sekolah Dasar (SD)/MI/Paket A = Rp. 450.000 per tahun per siswa
  2. Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)/MTs/Paket B = Rp 750.000 pertahun per siswa
  3. Jenjang Sekolah Menengah Atas(SMA/SMK/MA/Paket C) Rp = Rp. 1.000.000 pertahun persiswa



Cara Validasi Data PIP SD 


Baru-baru ini kementerian meluncurkan aplikasi yang digunakan untuk validasi data peserta didik yang layak atau belum layak mendapatkan PIP. aplikasi tersebut adalah http://pipsd.kemdikbud.go.id yang dioperasikan pada saat online. Data tersebut perlu divalidasi agar mendapatkan data tepat dan akurat.

Kita perhatikan ketika kita login di bagian dasbor akan muncul seperti gambar berikut :
Cara Validasi Data PIP SD

Keterangan :


  • Penjelasan Terkait Dashboard 
    Sudah Aktifasi : Siswa Sudah melakukan aktifasi rekening tabungan di bank BRI 
    Belum Aktifasi : Siswa belum melakukan aktifasi rekening tabungan di bank BRI , Silahkan download data penerima PIP dan untuk siswa yang belum aktifasi diharapkan segera melakukan aktifasi di bank BRI.
    Belum Rekening : Siswa yang sudah diSK kan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tapi nomor rekeningnya belum Selesai dibuat oleh Bank BRI sehingga siswa ybs belum bisa melakukan pengAktifasian Rekening

  1. Belum aktifasi = artinya nomor rekening belum aktif di Bank maka perlu untuk mengatifkan nomor rekening. Setelah aktif maka akan berubah menjadi sudah aktif. Siapa yang mengurus untuk mengaktifkan? Yang mengurus untuk aktifasi nomor rekening adalah sekolah dengan mengisi formulir dari bank berdasarkan data dari orang tua siswa.
  2. Fitur Sudah aktifasi adalah fitur yang berfungsi untuk mendeteksi aktifasi rekening siswa.
  3. Belum rekening artinya siswa yang belum memiliki rekening, penerbitan rekening dari pusat
Berikut langkah langkah validasi PIP SD
  • Login ke ke manajemen http://pipsd.kemdikbud.go.id
  • Validasi data
  • Lihat di menu status layak, Jika tidak layak kita bisa ubah menjadi tidak layak, dengan memilih alasan tidak layak, Pilihan alasan tidak layak sudah terdapat dalam http://pipsd.kemdikbud.go.id
  • Khususnya kelas 6 tahun lalu yang telah lulus terdeteksi dalam validasi data PIP maka kita dapat mengubah menjadi tidak layak dengan alasan sudah tamat/Lulus SD
Cara Validasi Data PIP SD
Catatan :


Diatas sudah jelas bahwa Kelas 6 yang sudah lulus  tidak perlu lagi dilayakan untuk mendapatkan PIP 2018 di SD tersebut karena siswa tersebut sudah berada di sekolah yang jenjang yang lebih tinggi (SMP)  sehingga tidak perlu lagi mendapat PIP 2018 di sekolah ini. Siswa tersebut otomatis terdata di PIP di SMP


  • cari siswa yang sudah lulus dan ubah menjadi tidak layak
  • Siswa yang sudah mutasi ke sekolah lain diubah menjadi tidak layak
  • Siswa mampu termasuk anak PNS/TNI/POLRI diubah status menjadi tidak layak
  • Siswa meninggal dibuah menjadi tidak layak
Demikian Cara Validasi PIP SD 2018 semoga dapat membantu.

CARA VALIDASI SISWA PENERIMA PIP TAHUN 2018 SD



 
Intro pendidikan - pada kesempaatan kali ini saya akan membahas tentang CARA VALIDASI SISWA PENERIMA PIP TAHUN 2018 SD, validasi dilakukan untuk memfilter siswa penerima dana PIP yang masih layak dan tidak layak untuk merima dana PIP  pada tahun berikutnya. Salah satu penyebab tidak layak menerima karena peserta didik pindah sekolah, lulus dan lain sebagainya.

CARA VALIDASI SISWA PENERIMA PIP TAHUN 2018 SD adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi laman  PIP SD atau klik di SINI.

2. Silahkan login menggunakan username dan password dapodik sekolah, kawan-kawan operator. maka akan muncul tampilan berikut ini.


3. Arakan kursor pada menu VALIDASI DATA


akan muncul data siswa penerima dana PIP tahun 2017.

4. Sekarang kita akan mevalidasi nama-nama siswa yang sudah tidak layak untuk menerima dana PIP 2018 dengan mengecek satu persatu siswa kemudian pilih alasan siswa tidak layak menerima seperti pada gambar di bawah ini:


5. Pilih salah satu alasan yang muncul seperti pada gambar di atas. selanjutnya klik tombol berwarna merah UBAH JADI TIDAK maka tombol akan tersebut berubah menjadi warna biru. Jika sudah maka selesailah CARA VALIDASI SISWA PENERIMA PIP TAHUN 2018 SD.

Demikian intro pendidikan kali ini tentang CARA VALIDASI SISWA PENERIMA PIP TAHUN 2018 SD, semoga bermanfaat.

Monday, January 29, 2018

Cara atau Panduan Tutorial Pengisian Aplikasi program Indonesia Pintar(pip.kemdikbud.go.id)

Cara atau Panduan Tutorial Pengisian Aplikasi program Indonesia Pintar(pip.kemdikbud.go.id

pada proses tata cara input, cara usul calon penerima BSM/KIP dari KPS atau Non KPS, FUS atau Format Usulan Sekolah dikhususkan bagi siswa yang tidak memiliki KPS/KKS/KIP untuk mendapatkan bantuan PIP dalam usulan Program Indonesia Pintar hal ini dilakukan untuk mendapatkan tambahan KIP karena mekanisme program Indonesia pintar ini sejatinya tidak hanya bagi pemilik KPS/KKS/KIP namun lebih dari itu sesuai juknis atau petunjuk bantuan program ini juga mensyaratkan siswa dari non KPS/KKS/KIP dengan pertimbangan sebagai berikut:

Siswa  miskin/rentan   miskin  yang  tidak  memiliki  KPS/KKS/KIP   dapat  diusulkan  oleh sekolah dengan menggunakan  Format Usulan Sekolah (FUS) setelah seluruh  siswa dari keluarga  pemilik   KPS/KKS/KIP   ditetapkan   sebagai   penerima   SSM/PIP   2015  pada tenggat waktu yang akan ditentukan  kemudian, dengan mekanisme  sebagai  berikut:
a.   Sekolah  menyeleksi  dan menyusun  daftar  siswa yang  tidak  memiliki  KPS/KKS/KIPsebagai calon penerima dana PIP berdasarkan alokasi sementara  sasaran per Kabupaten/Kota   yang  akan  ditetapkan  oleh  Direktorat   Pembinaan   Sekolah  Dasar dengan prioritas PIPsebagal berikut:

1)  Siswa yang berasal dari rumah tangga Program Keluarga  Harapan (PKH);
2)  Siswa yang berstatus yatim piatu/yatim/piatu;
3)  Siswa yang terkena dampak bencana alam;
4)  Siswa yang terancam  putus sekolah;
5)  Siswa  yang  kesulitan  ekonomi  dengan  pertimbangan   khusus  seperti  kelainan fisik, siswa dari orang tua terkena  PHK, siswa dari keluarga  terpidana,  dan anak berada di Lembaga Pemasyarakatan  (LAPAS).

Sekolah mengusulkan dengan format FUS pada pip.kemdikbud.go,id silahkan klik untuk mempelajari Aplikasi Verifikasi Program Indonesia Pintar 

Kembali pada topik kita cara isi atau Input pada Program Aplikasi Indonesia Pintar/PIP 
Kemdikbud
Langkah pertama login gunakan email dan password dapodik karena loginnya Single sign Only pada Klik alamat berikut PIP.KEMDIKBUD.GO.ID
silahkan isikan email dan pasword sesuai aplikasi dapodikdasnya jika berhasil mari kita lanjutkan ke menu Penjaringan pilih input penjaringan PIP.. jika Upload maka kita mesti memiliki Format FUS (Download Format usulan sekolah) Perhatikan catatan ini 
Tahapan Sasaran PIP 2015
1. Siswa aktif ber-KPS
Pembaharuan nomor KPS dilakukan melalui dapodik sekolah, verifikasi nomor kps dapat dilihat pada menu laporan
2. Siswa aktif sesuai dengan kriteria sasaran PIP Pemilihan usulan (FUS) dilakukan melalui menu Input penjaringan

Kita akan gunakan menu input penjaringan PIP lihat gambar berikut:
Cara Isi Aplikasi program Indonesia Pintar Menu Penjaringan
klik saja pada menu tersebut maka akan muncul isian jenjang pendidikan. tahun propinsi hingga kabupaten dan sekolah kita yang harus kita isikan lihat sebagai berikut:
Cara Isi Aplikasi program Indonesia Pintar Menu Penjaringan
Sedikit tampilan bagaimana cara inputnya pada bagian tahap, jenis diusulkan sudah jelas pada gambar, jika oke data dan fakta sudah sesuai maka lakukan simpan pada bagian kanan bawah hingga seperti berikut
Cara Isi Aplikasi program Indonesia Pintar Menu Penjaringan
Berhasil tersimpan, lakukan pada siswa yang diusulkan pada sekolah bapak dan ibu.
Catatan: Hendaknya Jangan Melakukan Reload Pada Aplikasi Karena Waktu Penyimpanan data akan terjadi error, jika anda melakukan reload sebaiknya keluar dulu dari aplikasi kemudian login kembali dan input kembali data FUS anda panduan ini referensi dari master bangpung syaipul hendra.

Wednesday, January 24, 2018

CARA MENDAFTAR ONLINE AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH MELALUI SisPenA S/M 2017

CARA MENDAFTAR ONLINE AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH MELALUI SisPenA S/M 2017





SisPenA S/M merupakan Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah dan Madrasah  yang berbasis Web. Sehingga sebelum melakukan proses selanjutnya sekolah harus menyiapkan terlebih dahulu data-data sekolah yang berkaitan dengan akreditasi yang nantinya akan di Upload.
Adapun persyaratan  yang harus disiapkan oleh sekolah untuk  mendaftar secara online  antara lain :
  1. Scan Surat Ijin Operasional dalam bentuk PDF 
  2. Scan Daftar siswa tiap kelas
  3. Scan Daftar PTK
  4. Scan Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum
  5. Scan Daftar lulusan 1 tahun terahir.
  6. Scan Data sarana dan prasarana
  7. Foto-foto pendukung
  8. Scan Surat Pernyataan Kepala sekolah
Untuk selanjutnya, setelah melengkapi data-data manula diatas sekolah tinggal melanjutkan untuk memproses pendaftaran online .

Aplikasi SisPenA S/M adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis
web, dimana bisa akses dimana saja, kapan saja dengan syarat
terhubung dengan internet.
Aplikasi ini pun tak tidak hanya bisa diakses menggunakan Laptop atau
komputer tetapi bisa juga menggunakan handphone ataupun tablet
yang resolusinya lebih kecil.
Adapun langkah – langkah untuk mengakses atau menggunakan aplikasi
SisPenA S/M yaitu :
1. Buka url: http://bansm.or.id/sispena di halaman browser.
  • Buka url: http://bansm.or.id/sispena
    pada halaman browser. Atau bisa klik link banner SisPenA S/M yang terdapat disebelah kanan website http://bansm.or.id/. Akan muncul halaman login
  • Selanjutnya masukkan user dan pasword yang dimiliki dan pilih lever pengguna yaitu sekolah. Untuk mendapatkan user dan pasword, silahkan koordinasi dengan BAN S/M diwilayah masing-masing
  • Ketika Pertama kali masuk kedalam halaman login, sistem akan langsung menampilkan jendela form yang harus diisi oleh sekolah
  • Isilah form tersebut dan ubahlah Password. User anda tetaplah NPSN dan Password atau kata sandi yang sudah dirubah untuk bisa mengakses dan masuk kembali ke dalam sistem ini nantinya. Setelah selesai mengisi lengkap profile sekolah, selanjutnya anda akan masuk ke area penilaian evaluasi diri.
  • Dalam tabel sekolah yang tampil terdapat banyak button atau tombol yang berfungsi untuk memberikan penilaian evaluasi diri sekolah, memasukkan IPDIP sekolah, mengunggah prasyarat akreditasi, photo pendukung serta Kartu Kendali.
  • Langkah awal selanjutnya adalah Klik tombol menu prasyarat untuk memasukkan prasyarat sekolah yang akan di akreditasi.
  • Baca Juga : Materi dan Perangkat Akreditasi SD/SMP Tahun 2017

  • Akan muncul 6 form isian dokumen yang digunakan untuk memasukkan dokumen berbentuk PDF atau Doc (Dokumen) dengan cara menekan choose file
  • Keenam dokumen tersebut adalah surat ijin operasional, daftar siswa tiap kelas, data PTK, pernyataan pemberlakuaan kurikulum, Daftar Lulusan 1 tahun terakhir dan data sarana dan prasarana
  • Untuk merubah atau mengedit kembali data atau dokumen yang sudah ada, klik choose file lalu cari dokumen yang akan mengganti file atau dokumen yang sudah ada.
  • Apabila langkah tersebut selesai, selanjutnya klik Input Evaluasi Diri
  • Untuk menginput evaluasi diri akan muncul jendela penilaian akreditasi terhadap sekolah, sistem penilaian dimunculkan butir demi butir serta menurut standar, yang dimulai dari butir 1 pada standar isi
  • Untuk memberikan penilaian klik langsung pilihan a,b,c,d,e yang sudah ada. Jika sudah terpilih akan berubah menjadi warna hijau.
  • Klik tombol Next untuk beralih ke butir selanjutnya.
  • Sekolah bisa melihat petunjuk teknis untuk setiap butir pernyataan dengan mengklik tombol petunjuk teknis yang terdapat di bagian atas kanan.
  • Isi dari petunjuk teknis yang kita klik akan muncul berupa pop-up atau jendela
  • Untuk penilaian butir kita bisa memilih secara langsung berdasarkan standar dan nomer butir pada setiap standar dengan mengklik tombol standar yang terdapat dibagian bawah butir pernyataan
  • Warna hijau yang terlihat digambar menandakan bahwa butir tersebut telah diberikan penilaian.
  • Penilaian bisa dilakukan secara acak atau melompat dari satu standar ke standar lainnya.
  • Data penilaian yang sudah dilakukan akan tersimpan secara otomatis apabila admin sekolah keluar dari sistem dan akan melanjutkan nantinya. Dan hal ini juga mengantisipasi apabila terjadi insiden seperti mati lampu ketika proses penilaian
  •  Proses penilaian akan dianggap selesai apabila semua butir sudah dinilai dan muncul tombol Simpan dibagian paling bawah seperti gambar dibawah ini.
  • Apabila anda sudah yakin dengan penilaian anda, klik tombol Simpan. Setelah menekan tombol Ok maka penilaian evaluasi diri telah selesai dan bisa langsun melihat hasil penilaian yang telah kita lakukan dengan cara mengklik tombol lihat hasil penilaian
  • Pada jendela hasil penilaian akan muncul nilai pada setiap standar, Nilai akhir dan peringkat.
  • Pada tabel penilaian ini juga diperlihatkan warna yang berbeda yaitu warna merah apabila nilai tidak memenuhi syarat lulus akreditasi, yaitu 1) nilai akhir kurang dari 71, 2) Nilai standar sarana dan prasarana kurang dari 61, 3) Salah satu standar nilainya kurang dari 50
  • Admin sekolah bisa mengedit atau merubah data evaluasi diri sekolah kapan saja dengan menekan tombol menu edit data
  • Untuk mengedit atau merubah nilai langkah langkahnya sama seperti mengisi nilai evaluasi diri pertama kali.
  • Jika ingin mencetak hasil penilaian evaluasi diri klik tombol print format laporan individu
  • Akan muncul jendela untuk cetak dokumen, tekan tombol Print Jika sudah yakin dengan tampilan yang ada, atau klik More Setting untuk mengatur margin, ukuran kertas, menghilangkan header atau memberi warna pada tabel
  • Atur setting yang ada untuk mendapatkan posisi cetak yang baik. jika telah selesai klik PRINT
  • Selain penilaian evaluasi diri sekolah juga harus menyertakan IPDIP (Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi) Sekolah yang bersangkutan
  • IPDIP ini bisa di upload (Unggah) secara langsung digital atau dicetak dan digunakan untuk referensi asesor dalam melakukan penilaian
  • Klik tombol choose file untuk memilih dokumen IPDIP.
  • Pilih dokumen IPDIP anda. Dan klik Submit untuk mengirim.
  • Selanjutnya sekolah mengirimkan Foto sekolah sebanyak 5 buah yang menggambarkan sarana prasana serta kegiatan belajar. Dengan mengklik menu Foto sekolah
  • Klik Upload Foto untuk mulai memasukkan Foto pendukung
  • Klik semua tombol Choose File untuk memilih dan memasukkan foto, dan tekan submit jika telah selesai
  • Photo yang dimasukkan akan muncul dan bisa kita lihat lebih detail satu persatu dengan mengkliknya
  • Photo bisa di diperbesar, digeser bahkan diputar, dan untuk melihat photo selanjutnya kita bisa menekan tombol next
  • Apabila telah selesai, Untuk kembali ke menu sebelumnya atau area penilaian kita bisa menu penilaian yang terdapat disamping kiri
  • Langkah terakhir dan sangat Penting….!! Sekolah harus menginput kartu kendali setelah proses visitasi akreditasi oleh asesor selesai dilaksanakan.
  • Akan muncul form yang harus diisi oleh sekolah
  • Klik submit setelah sekolah mengisi seluruh isian dalam format kartu kendali.
  • Sekolah akan diberikan warning oleh sistem dan BAP apabila belum mengisi format kartu kendali sampai waktu yang ditentukan.
  • Untuk fasilitas menu lainnnya asesor bisa melihat data secara umum tentang Akreditasi di menu Dashboard.
  • Akan terlihat beberapa informasi umum berupa infografis dan informasi lainnya terkait akreditasi.
  • Untuk merubah kembali biodata atau profile Sekolah serta merubah Foto Profile bisa mengklik menu yang terdapat disebelah kanan atas.
  • Form Edit Profile sekolah, Klik Submit untuk menyelesaikan
  • Klik Choose File untuk merubah photo profil sekolah anda
  • Jika menggunakan smartphone bisa secara langsung mengganti dengan memilih foto di file penyimpanan atau memfoto secaralangsung menggunakan kamera.
  • Jangan lupa untuk memilih menu Logout apabila anda telah selesai menggunakan Sistem Aplikasi ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan yang mana informasi diatas kami peroleh dari berbagai sumber baik secara lisan maupun tulisan, informasi ini saya sampaikan dengan tujuan berbagi informasi.

Sumber tertulis :
SUMBER 1
SUMBER 2

ANALISA SHORT JALUR 19 VOLT LAPTOP

ANALISA SHORT JALUR 19 VOLT LAPTOP



Bismillahirroh Manirrohim, Assalamu Alaikum Wr.Wb

Salam Sejahtera Kami Ucapkan Juga Kepada Saudara-Saudara Kami Yang Non Muslim.

Berjumpa Lagi Dengan Kami "Firmana Komputer" Ini Adalah Adalah Artikel Ke-2 Kami Setelah Sebelumnya Sedikit Kami Ulas Kasus Laptop No Charging.

LANGSUNG SAJA.... PADA PERMASALAHAN...

Kasus Short Pada Laptop Seperti Ini Banyak Kita Jumpai Pada Laptop Yang Mati Total.
Ciri-Ciri Yang Paling Menonjol Dari Kasus Short Pada Laptop Ini Adalah Sbb :


1. Ketika Adaptor Dicolok, Indikator Lampu Adaptor Langsung Mati / Redup
2. Ketika Tombol Power Ditekan Tegangan Langsung Drop Dan Laptop Gagal Switch
3. Setelah Tombol Power Ditekan Laptop Menyela Beberapa Detik Kemudian Langsung Mati, Dll


LANTAS BAGAIMANA CARA MENGANALISA LETAK KERUSAKANNYA...


Tentunya Kita Harus Membongkar Seluruh Sparepart Dan Casing Laptop Tersebut Hingga Tinggal Unit Motherboardnya Saja, Untuk Alat Deteksi Anda Bisa Menggunakan Multimeter Digital Yang Disertai Fitur BUZZER. 

Kenapa Kok Menggunakan Buzzer, Bukankah Seharusnya Dicek Tegangan / Voltasenya ?

Perlu Anda Ketahui, Khusus dalam Menganalisa  Kasus Short Adaptor Tidak Akan Berfungsi, Karena Dalam Kondisi Ini Nilai Tegangan 0V Akibat Dari Komponen Maupun Jalur Yang Mengalami Hubung Singkat. Jadi Disini Peranan Buzzer Sangat Diperlukan.

Umumnya Kasus Short Dengan Ciri-Ciri Yang Telah Kami Sebut Diatas Banyak Terjadi Pada Jalur 19V. Baik Pada Instalasi Jalur Utama, Maupun Pada Bebannya.

Dalam Hal Ini Kami Akan Mencoba Menunjukkan Bagaimana Cara Mengetahui apakah Short Tersebut Terjadi Pada Instalasi Jalur Utama Ataukah Short Terjadi Pada Beban.

Pertama Atur Knop Multimeter Pada Posisi BUZZ, Seperti Pada Gambar Berikut





Selanjutnya Perhatikan Komponen Pada Motherboard Yang Saya Lingkari Tersebut, Anda Bisa Menemukannya Dijalur depan Dekat Konektor Carger.





Jika Didalam Skema Anda Bisa Melihat Simbol Dari Komponen Tersebut Seperti Pada Gambar Berikut







Kompomponen Tersebut Yang Saya Lingkari Warna Hijau Adalah Mosfet P-Chanel. Berfungsi Sebagai Saklar Otomatis Yang Dikendalikan Oleh Sircuit Control (PWM).

Idealnya Jika Tegangan 19V Ini Lolos Maka Akan Menjadi Sumber Tegangan Utama Bagi beban, Umunya Disebut Dengan Istilah (B+), Pada Sebagian Laptop Biasanya B+ ditandai Dengan Dipasangnya Sebuah Jumper Seperti Yang Kami Tandai Warna Merah. Jumper Tersebut Berfungsi Untuk Memisahkan Antara Rangkaian Instalasi Utama 19V Dengan Beban. Jika Jumper Tersebut Diangkat Maka Hubungan Antara Beban Dengan Rangkaian Power Utama Terputus, Melalui Jumper Tersebut Anda bisa Melakukan Pengukuran/Buzzer.

Akan Tetapi Masalahnya Tidak Semua Motherboard Difasilitasi Dengan Jumper Tersebut, Maka dari Itu Jika Motherboard Anda Tidak Disertai Jumper Seperti Yang Saya Contohkan Diatas Anda Bisa Mengangkat Salah Satu Komponen Mosfet P-Chanel Seperti Yang Saya Lingkari Warna Merah Pada gambar Berikut




Secara Otomatis Sekarang Rangkaian Power Utama Dengan Beban Sudah Terputus / Tidak Terhubung. Langkah Selanjutnya Lakukan Buzzer Dengan Cara Meletakkan Probe Hitam / Negatif Multimeter Pada Ground (Lubang Baut) Dan Probe Merah / Positf Pada Jalur Kaki Mosfet Yang Terhubung Ke Jalur Power Utama, Dengarkan Apakah Terdengar Suara BUZZ Atau Tidak, Buzz Ditandai Dengan Suara Beep Panjang Pada Multimeter. 

Letak Pengukurannya Seperti Gambar Berikut




Keterangan Pin Out Mosfet P-Chanel Sbb :
  • Kaki No 1,2,3  (Source)
  • Kaki No 4  (Gate)
  • Kaki No 5,6,7,8  (Drain)

Lakukan Juga Cara Pengukuran Yang Sama Pada Jalur Yang Terhubung Ke Beban seperti Gambar Berikut





Dari Hasil Buzzer Disini Bisa Disimpulkan Jika Buzzer Terjadi Pada Jalur Yang Terhubung Ke Power Utama, Berarti Permasalahan Short Ini Terjadi Pada Jalur Power Utama Tersebut. Begitupun Sebaliknya Jika Buzz Terjadi Pada Jalur Yang Terhubung Ke Beban.

Setelah Anda Mengetahui Lokasi Dari Titik Permasalahan Atas Kasus Short Tersebut Anda Tinggal Meng-ekskusi Komponen-Komponen Yang Berpotensi Short Pada Jalur Tersebut. Biasanya Komponen Yang Paling Berpotensi Terjadi Short Adalah Komponen Kapasitor seperti Gambar Berikut






Demikian Sedikit Artikel Yang Dapat Saya Bagikan Kiranya Dapat Menambah Pengetahuan, Akhir Kata Semoga Menjadi Ilmu Yang Bermanfaat.


Jika Anda Serius Ingin Belajar Menjadi Teknisi Laptop & Ingin Memahami Distribusi Tegangan Secara Menyeluruh Pada Motherboard Laptop, Anda Bisa Mengikuti Tutorial Teknisi Laptop Yang Saya Buat Melalui Link Gambar Berikut : 


Entri yang Diunggulkan

TRICK CLEAN UP WINDOW 10

  TRICK CLEAN UP WINDOW 10 Antonhehe.blogspot.com Trick 1 Pertama-tama, pergi ke menu Search dan masukan kata kunci "Disk C...