Tuesday, April 10, 2018

AVANZA – kipas radiator/Motor Fan berputar terus

AVANZA – kipas radiator/Motor Fan berputar terus

    Hari ini tgl 10 April 2018 saya menangani mobil Toyota Avanza dengan kerusakan kipas radiator mesin (motor Fan) berputar terus walau mesin mati (kunci kontak masih On),padahal A/C off,seharusnya motor fan beputar jika AC hidup atau saat temperature mesin mencapai 98°C . Saat temperatur mencapai 98°C ,thermostat membuka sehingga air pendingin bersikulasi ke radiator,kipas radiator (motor fan) berputar mendinginkan air yang berada diradiator,sehingga temperature mesin turun mencapai 90°C ,kemudian kipas radiator mati. Yah seperti itulah yang saya tau.
Pemeriksaan : * saya perhatikan di combination meter jarum temperature menunjukkan temperature sangat panas kemuadian saya gunakan IT melihat temperature,ditampilkan 120
°C ,padahal kalau saya pegang mesinnya,seharusnya panasnya belum mencapai segitu,kira-kira perkiraanku sekitar 50°C. kemudian saya pegang selang radiator atas panas,sedangkan selang air radiator bawah dingin,bisa disimpulakan bahwa thermostat tidak terbuka.
Perbaikan : * dari pemeriksaan ,awalnya saya perkirakan thermostat yang rusak,tapi setelah saya pikir kembali,thermostat tidak terbuka karna temperature mesin dingin bisa saya rasakan dengan mendekatkan tangan kemesin,mesin selalu tidak terlalu panas, karna kipas radiator selalu berputar,kemungkinan yang rusak sensor temperature,karna sensor temperature yang mengirim data ke ECU  bahwa mesin panas padahal mesin belum terlalu panas ,sehingga ECU memerintahkan kipas radiator berputar.. Kemudian saya buka sensor temperature saya coba tukar dengan sensor temperature dengan mesin yang sedang saya bongkar,hasilnya setelah saya pakai sensor lain mesin kembali normal,kipas radiator berjalan normal sesuai temperature  98
°C dan beputar saat AC ON.
gambar :




masalah hari ini teratasi, ku bisa tidur nyeyak malam ini :D

semoga aja ni bermanfaat ,dan bisa sebagai catatan buat saya jika dapat kerusakan yang sama
repost:

No comments:

Post a Comment

Entri yang Diunggulkan

TRICK CLEAN UP WINDOW 10

  TRICK CLEAN UP WINDOW 10 Antonhehe.blogspot.com Trick 1 Pertama-tama, pergi ke menu Search dan masukan kata kunci "Disk C...