Tuesday, July 30, 2019

Nokia 105 2017 TA-1034 LCD Light Ways Backlight Solution

Nokia 105 2017 TA-1034 LCD Light Ways Backlight Solution


Nokia 105 2017 TA-1034 LCD Light Ways Backlight Solution
Nokia 105 TA-1034 Display Ways Backlight Jumper Solution Lcd Light Not Working Problem Blank Screen Problem Display Light Repair Solution Backlight Ways
Though the black screen problem on Nokia 105 2017 TA-1034 is not a common issue, but few owners of this phone reported that they were facing trouble with it. Some users said that they found a solution after plugging the charger in while some others said that they had to run few restarts to fix the black screen problem on Nokia 105 TA-1034. Here we have narrowed down some solutions of the problem, and you can follow them in order to fix the same.
This solution below shows the Nokia 105 LCD display backlight components that hold and control for the LCD screen display backlight to glow. If one of these components may become faulty due to wet or water damaged it will result in LCD’s backlight failure.

Hardware Solution

To fix the dark screen display problem, you may first try to replace or install a new Display screen module, to easily confirm if the LCD’s backlight LED’s were still working or already damaged.
You can also check the LED’s using the multimeter if you can manage without damaging the LCD flex connector.
If the newly installed LCD still shows the same problem and the LED light doesn’t light up, refer to the solution below and locate the highlighted components on the PCB board.

Nokia 105 2017 TA-1034 LCD Screen Display Problem Solution

Nokia 105 2017 TA 1034 LCD Light Ways Backlight Solution
OR
Nokia 105 2017 TA 1034 Display Light Not Working Problem Solution
Here are some hints on how to troubleshoot the “Nokia 105 2017 TA-1034 LCD display backlight not working problem”.
” Note: ensure that the Lcd is okay or try replacing it before proceeding”
1. Check the LCD pin connector for possible damaged, resolder if necessary.
2. Trace each of the LED + (positive and LED – (negative connection line paths down to the resistors where it is being connected.
3. Check the connected resistor, replace if found damaged.
Check the pin connector assembly and ensure to clean it as well.
Check the display filter resistors including the LCD supply voltage and trace the connection tracks to the LCD pin connector. Replace the damaged resistor or mind to reconnect if there is an open line path.
If you have further questions please don’t hesitate to leave a comment.
Note: Every repairing solution posted here is tested by at least one member of our team. Use the information available here at Your Own Risk. We are not responsible if any harm comes to your device during the repairing process.
Nokia 105 2017 TA-1034 LCD Display Light IC Solution Jumper Problem Ways LCD Display Light Not Working
Nokia 105 TA-1034, LCD Display Light Ways, Display Light Problem, Display Light Solution, Display Light Jumper

Wednesday, May 29, 2019

printer


 EROR P10 MP 258 CANON GANTI RESISTOR

r1 = 4.56 k ohm
r2 = 15 k ohm




Monday, April 15, 2019

Analisa,Pengaruh dan Akibat Melepas Thermostat Dari Mesin Mobil

Analisa,Pengaruh dan Akibat Melepas Thermostat Dari Mesin Mobil

Otomotrip.com – Analisa, Dampak atau Pengaruh serta Akibat yang ditimbulkan setelah Melepas Thermostat Dari Mesin Mobil atau Thermostat Mesin Yang Tidak dipasang.
Melepas thermostat dari Mesin Mobil apakah ada untungnya? kendaraan – kendaraan sekarang telah di desain dengan memakai thermostat, dengan tujuan agar diperoleh tingkat efisiensi yang optimal.
Suhu kerja atau temperatur kerja yang terjaga akan menghasilkan tenaga maksimal dan konsumsi bahan bakar yang relatif lebih baik. Karena temperatur kerja mesin yang segera tercapai juga merupakan faktor untuk menghemat bbm.
Jika thermostat dilepas dari mesin, perlu waktu lebih lama untuk dapat tercapai temperatur kerja mesin yang berada di kisaran suhu 85 hingga 95 derajat celsius dan kemampuan pendinginan mesin berkurang saat mesin sedang digeber, yang berakibat overheating saat mesin bekerja berat.
Berikut adalah Analisa yang kemungkinan bisa terjadi jika kita melepas thermostat dari mesin, diambil contoh adalah mesin Toyota 1NZ-FE dengan tujuan agar kita sama – sama faham kenapa tidak baik melepas thermostat dari mesin.
Secara seksama mari perhatikan gambar berikut ini,aliran air radiator didalam mesin.Aliran atau sirkulasi air radiator pada mesin vios yaris dan toyota limo
Ketika mesin baru hidup, suhu air radiator masih dingin, thermostat tertutup dan air radiator yang dipompa oleh water pump masuk ke samping silinder atau water jaket di sekeliling silinder dan masuk ke silinder head.
Gambar potongan bagian bagian thermostat mesin mobil dengan katup baypassDari silinder head air pendingin karena dipompa oleh water pump akan kembali ke water pump melewati Saluran ByPass yang mana lubang saluran bypass dengan waterpump masih terbuka karena ByPass Valve pada thermostat belum menutup saluran by pass.
Lihat gambar disamping bagian bagian thermostat dengan katup bypass atau ByPass Valve.
Perlu dimengerti dahulu beda Saluran ByPassdengan ByPass Valve, Saluran ByPass berada di blok mesin sedangkan ByPass Valve di Thermostat.
Dari sirkulasi pendek cairan pendingin mesin tersebut, akan mempercepat temperatur kerja mesin tercapai.
Blok Mesin Toyota 1NZ-FE
Ketika air pendingin yang berada pada bagian mesin (water jaket) temperaturnya sudah naik dan berada pada suhu buka thermostat, maka Valve utama thermostat terbuka dan ByPass Valve menutup saluran ByPass pada mesin. Lihat gambar dibawah ini.
Thermostat dilepas dari Blok Mesin
Pada saat saluran bypass tertutup oleh ByPass valve Thermostat, saat itu juga Valve Utama Thermostat terbuka dan mengalir Air dari Radiator yang telah didinginkan oleh kipas Radiator untuk mendinginkan mesin.
Efek atau Pengaruh atau Akibat Jika Thermostat di Lepas
Ketika thermostat dilepas dari sirkulasi air pendingin mesin, saluran By Pass yang memiliki jarak lebih pendek dalam men-sirkulasi-kan air pendingin akan selalu terbuka karena tidak ada yang menutup saluran tersebut.
Ketika mesin bekerja berat mungkin sedang nanjak dengan rpm tinggi atau sedang dalam kecepatan tinggi.  Hisapan water pump untuk mengalirkan air yang telah didinginkan diradiator akan kurang karena air panas yang berasal dari Saluran ByPass juga ikut terhisap (ingat jarak saluran ByPass lebih pendek dari pada saluran air yang melewati radiator).
Sehingga tidak heran jika saat rpm tinggi atau mobil kecepatan tinggi tersebut kemungkinan akan terjadi overheat mesin akibat air dingin yang dihisap dari radiator kurang, hal ini akan diperparah jika radiator sedikit tersumbat akibat kondisi di dalam radiator kotor penuh kerak.
Sistem diagram aliran pendingin mesin 1NZ-FE Vios Yaris Limo
Bisa disimpulkan jika thermostat dilepas dari mesin, hanya air panas yang berasal dari silinder head yang lebih banyak diputar kembali oleh water pump, bukanya air yang telah dibuang panasnya oleh kipas radiator.
Semoga Membantu, lebih baik adalah Memasang thermostat yang sudah dilepas tadi dari pada mesin overheat dan kalau terlalu sering mesin overheat akan butuh biaya yang lebih besar dari pada biaya ganti thermostat dan waktu kita yang berharga akan terbuang.

SENSOR-SENSOR PADA MOBIL TOYOTA AVANZA

Asallamu alaikum.wr.wb 


Sensor-Sensor Pada Toyota Avanza




Bagi pemilik kendaraan keluaran terbaru, khususnya pemilik toyota avanza akan lebih baik jika mengetahui nama-nama sensor yg ada di mobil tersebut.

Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Toyota Rush dan Daihatsu terios menggunakan basic mesin sama berbeda cc dan sistem injeksi yang sama yaitu injeksi tipe D.

Berikut adalah komponen sistem EFI atau nama-nama sensor dan aktuator pada mobil Avanza, xenia, terios, rush beserta letak dan kegunaannya.

Komponen Sistem EFI dan Fungsinya

1 a. MAF Sensor atau Mass Air Flow,
Fungsi utama MAF sensor adalah untuk mengukur jumlah udara yang masuk ke dalam ruang bakar.
Maf sensor terletak di rumah filter udara.
 Pada Mobil Injeksi Tipe D. Gambar Letak Map sensor Avanza,Xenia,Terios dan Rush silakan lihat dibawah ini.

MAF SENSOR

Untuk lebih jelasnya silahkan baca : CARA MEMPERBAIKI MAF SENSOR

1 b. MAP SENSOR atau Manifold Absolute Pressure. 
Berfungsi untuk mendeteksi tingkat kevacuuman pada intake Manipol karena hisapan dari Mesin EFI, yang dirubah menjadi nilai tegangan yang dikirim ke ECU mesin.
2. TPS atau Throttle Position Sensor,
Adalah sensor yang digunakan untuk memantau posisi throttle apakah terbuka sebagian, terbukap penuh atau tertutup.
Fungsi sensor trotle posisi sensor ( TPS ) adalah untuk memberikan informasi ke ecu/komputer mobil tentang posisi valve
TPS atau Sensor Posisi Throttle terletak di throttle body atau katup gas, berfungsi untuk mengetahui berapa persen katup gas (throttle valve) dibuka atau seberapa lebar katup gas terbuka saat pedal gas diinjak. Selengkapnya dapat di baca di : "FUNGSI THROTTLE POSITION SENSOR"

3. CKP Sensor atau CrankShaft Posision Sensor
 berfungsi untukmendeteksi posisi crankshaft saat ini dan mengirim sinyal ke ECU, lalu ECU akan mengatur waktu terjadinya penyemprotan bahan bakar, menentukan lama penyemprotan, menghentikan pasokan bahan bakar pada waktu deselerasi & menentukan waktu pengapian.
Selengkapnya dapat di baca di "FUNGSI CRANKSHAFT POSITION SENSOR" .
4. CMP Sensor atau Camshaft Sensor
Berfungsi untuk memberikan data masukan ke ecu tentang posisi langkah mesin, untuk menemtukan langkah hisap dimana terjadi pembukaan injektor/penginjeksian degan kata lain Camshaft sensor berfungsi untuk mendeteksi posisi camshaft.
Selengkapnya baca : "FUNGSI CAMSHAFT SENSOR"

5. ISC atau Idle Speed Control Valve, 
Berfungsi untuk mengatur volume udara yang masuk kemesin saat idle, langsam atau putaran mesin tanpa beban, dengan cara bypass katup gas atau throtle valve dalam kondisi tertutup.
ISC termasuk aktuator, sesuai dengan namanya ISC valve adalah sparepart atau komponen yang berfungsi untuk mengatur putaran mesin saat idel atau stationer. Selengkapnya baca :   "FUNGSI ISC SENSOR"

6. IAT (Intake Air Temperatur) atau Sensor temperatur udara masuk,
Berfungsi untuk mendeteksi berapa derajat celsius suhu udara yang masuk di ruang filter udara sebelum ke mesin. Selengkapnya baca :
"Fungsi IAT Sensor"

7. ECT atau Engine coolant Temperature,
ECT atau sensor temperatur cairan pendingin mesin yang bertugas untuk memberi sinyal untuk menghidupkan kipas radiator saat mesin sudah panas. Letak switch temperatur untuk lebih detail karena terletak di bagian belakang mesin silakan kunjungi artikel pengaruh thermostat mesin tidak dipasang.
Selengkapnya baca: 
"Fungsi ECT Sensor"
8. Sensor Knock,
berfungsi untuk mendeteksi terjadinya knocking pada mesin. Knock sensor terbuat dari piezo electric element yang menghasilkan tegangan saat piezo electric element-nya berubah bentuk, hal ini terjadi pada saat block silinder vibrasi yang disebabkan karena terjadinya knocking.

9. Vacuum Switching Valve (EVAP) atau VSV,
VSV bukanlah sensor tetapi aktuator, fungsi katup vsv (EVAP) adalah untuk membuka saluran uap bensin dari tanki melalui charcoal canister, uap bensin dari tanki tersebut akan ikut terbakar didalam mesin. Katup vsv biasanya bekerja setelah kondisi mesin sudah panas.

10. Oxygen Sensor,
O2 sensor adalah sensor gas buang, sensor oksigen berfungsi untuk mendeteksi oksigen didalam gas buang hasil pembakaran mesin, oksigen sensor terletak di knalpot atau exhaus manifold. Silakan lihat sistem kerja atau cara kerja oksigen sensor.

11. OCV atau Oil Control Valve,
OCV termasuk aktuator yang berfungsi untuk mengatur oli mesin yang masuk ke VVT-i, silakan lihat artikel tentang OCV.

12. Injektor Bahan Bakar
adalah aktuator yang berfungsi untuk menyemprotkan atau mengabutkan bensin ke dalam mesin atau ke dalam ruang bakar.

13. Pompa Bensin atau pompa bahan bakar,
dimana letak atau posisi pompa bensin?Pada Avanza, xenia, terios atau rush dan mobil injeksi pada umumnya, letak atau posisi pompa bensin berada didalam tangki. Pompa bensin ini berfungsi untuk menaikan tekanan bahan bakar sebelum dikabutkan oleh injektor.

Demikianlah nama-nama sensor yang terdapat di toyota avanza. Di postingan lanjut, akan saya coba bahas satu persatu.

Semoga berguna. 

Saturday, March 16, 2019

Rilis Patch Pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d (source : http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id)

Rilis Patch Pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d

  •  Diposkan Oleh : Admin
  •  
  • |
  •  
  •  Tanggal : 14 Maret 2019
  •  
  • |
  •  
  •  Kategori : Aplikasi Dapodik


Yth. Bapak/Ibu
  1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
  2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  3. Kepala LPMP
  4. Kepala SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB
  5. Operator Sekolah
    di seluruh Indonesia


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Kami sampaikan penghargaan yang tinggi kepada semua sekolah yang telah melakukan pemutakhiran data Dapodik Semester 2 Tahun Ajaran 2018/2019 dengan menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c yang telah dirilis beberapa waktu yang lalu. Apresiasi yang tinggi pula atas peran aktifnya dengan melaporkan beberapa bugs/kesalahan aplikasi pada Versi 2019.c sehingga segera dapat dilakukan perbaikan.
Agar proses pemutakhiran data Dapodik Semester 2 Tahun Ajaran 2018/2019 tidak terhambat dengan bugs/kesalahan aplikasi yang ada, maka telah dilakukan perbaikan dan saat ini dirilis Patch Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d. Untuk melakukan pembaruan ke Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d dapat dilakukan dengan mengunduh dan menginstall Patch. DISARANKAN TELAH MELAKUKAN SINKRONISASI TERLEBIH DAHULU sebelum melakukan install Patch.

Tata cara melakukan pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d melalui install Patch adalah sebagai berikut:
  1. Unduh file PATCH d pada menu unduhan laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id atau pada bagian lampiran berita ini.
  2. Lakukan installasi sampai dengan selesai.
  3. Lakukan refresh (Ctrl + F5).
  
Berikut adalah daftar pembaruan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d:
  1. [Perbaikan] Perbaikan bugs filter ketika memetakan anggota rombel khusus untuk sekolah baru
  2. [Perbaikan] Perbaikan bugs pembelajaran untuk SMK Kurikulum 2006
  3. [Perbaikan] Perbaikan bugs pada saat pemilihan wali kelas untuk rombongan belajar SKS
  4. [Perbaikan] Perbaikan bugs validasi pendeteksian siswa tingkat akhir SMK wajib mengikuti prakerin
  5. [Perbaikan] Perbaikan bugs validasi untuk No Kitas warga negara asing
  6. [Perbaikan] Perbaikan validasi menjadi warning untuk Peserta Didik berstatus Warga Negara Asing yang tidak memiliki NISN
  7. [Perbaikan] Perbaikan validasi menjadi warning untuk Peserta Didik dan GTK yang belum mempunyai NIK khusus untuk Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan NTT
  8. [Pembaruan] Penambahan validasi untuk Rombongan Belajar yang salah dalam memilih tingkat pendidikan
  9. [Pembaruan] Penambahan fitur di Manajemen Pengguna dapat merubah username namun hanya untuk akun GTK
  10. [Pembaruan] Penambahan informasi terkait isian yang masih invalid ketika akan menyimpan data Peserta Didik

Demikian informasi yang kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  
Salam Satu Data,

Admin Dapodikdasmen


LAMPIRAN
Link unduhan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d
salam hehe

Thursday, March 7, 2019

dapodik by master rubah api (repost hehe)

PENYEGARAN KEMBALI hehe
Menjelang pergantian tahun ajaran silahkan disimak dan difahami serta disosialisasikan kembali,,     
1. Input data melalui aplikasi DAPODIK
2. Sync applikasi DAPODIK
3. Check data referensi
4. Check data Verval
5. Proses data Verval
6. Sync kembali aplikasi DAPODIK
1. Input data melalui aplikasi DAPODIK
Disebut input data bisa berupa tarik data secara online apabila calon Peserta Didik(PD) sudah memiliki NISN ketika mendaftar ke (SD), (SMP) atau (SMA/K) ataupun siswa pindahan
2. Jalankan Sync setelah melakukan input data
3. Lakukan pengecheckan berkala data referensi pada laman referensi kemdikbud
4. Lakukan pengecheckan berkala data referensi pada laman vervalpd
5. Lakukan proses perbaikan data PD apabila terdapat kesalahan input data PD pada aplikasi DAPODIK,
6. Jalankan Sync setelah melakukan perbaikan pada laman vervalPD(Proses update data 1 s/d 2x24 jam sesudah perbaikan pada laman verval atau sesudah sync aplikasi DAPODIK)
Perbaikan data pada laman vervalpd dilakukan apabila :
1. Terindikasi data individu siswa atau NISN ganda
2. Kesalahan penulisan nama siswa atau Ibu Kandung
3, Kesalahan penulisan Jenis Kelamin atau tempat dan tanggal lahir siswa
Berkas yang diajukan sebagai bukti perbaikan data individu Siswa adalah :
- Akta Kelahiran, atau
- PASPOR, atau
- Kartu Keluarga, atau
- Surat kenal/keterangan lahir, atau
- Surat Keterangan dari aparat yang berwenang dalam sistem administrasi kependudukan, Desa/Lurah, Kecamatan, atau dukcapil.
Perbaikan NISN dilakukan pada siswa yang NISN nya sudah tercantum dalam berkas tertentu, seperti Ijazah SD,SMP atau SMA/K atau berkas lain yang mensyaratkan pencatuman NISN sebagai aturan yang resmi.
*** Panitian penerimaan peserta didik atau untuk keperluan penulisan IJAZAH sebaiknya melibatkan OPS apabila dikhawatirkan terjadi kesalahan baik dalam penulisan data individu atau hal-hal yang terkait dengan NISN

Entri yang Diunggulkan

TRICK CLEAN UP WINDOW 10

  TRICK CLEAN UP WINDOW 10 Antonhehe.blogspot.com Trick 1 Pertama-tama, pergi ke menu Search dan masukan kata kunci "Disk C...