Wednesday, September 19, 2018

Cara Menambah Peserta Didik Baru Di Luar Aplikasi Dapodik

Cara Menambah Peserta Didik Baru Di Luar Aplikasi Dapodik


Cara Menambah Peserta Didik Baru Di Luar Aplikasi Dapodik

Salam hehe !!!!!

Sahabat pembaca teamdapodikdasmen

Pada tahun ajaran 2018/2019 dirilis Aplikasi Dapodik versi 2019, di aplikasi dapodik 2019 yang baru ini penambahan peserta didik untuk jenjang SMP, SMA dan SMK reguler dinonaktifkan. Operator Sekolah selaku Petugas pendataan wajib melakukan tarik peserta didik secara online.

Tarik peserta didik secara online sebenarnya sudah diakomodir sejak lahirnya Aplikasi Dapodik versi 2017 dengan mengakses laman : dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, Tetapi pada tahun ini menggunakan laman yang berbeda.

Tarik peserta didik secara online biasanya hanya mengakomodir lulusan dari sekolah yang datanya berbasis Aplikasi Dapodik, tetapi di tahun 2019 ini siswa yang basis datanya bukan berasal dari Aplikasi Dapodik bisa ditarik ke Aplikasi Dapodik, Demikian langkah-langkahnya :

1 masuk ke manajemen pendataan melalui laman manajemen sekolah di https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id  , kemudian login menggunakan username dan password Aplikasi Dapodik.
 
2 Setelah berhasil login menggunakan username dan password Aplikasi Dapodik, secara otomatis akan diarahkan ke halaman utama.

3 Pastikan informasi akun yang ditampilkan benar datanya. Jika benar, klik tombol “Kelola Data Pokok” untuk melakukan tarik/tambah peserta didik.

4 Klik menu “Peserta Didik” lalu pilih tombol “Tambah Peserta Didik”

5 Pada isian sumber data pilih “Tambah PD diluar Dapodik”
6 Isi semua data yang diperlukan
7 Klik simpan
8 Data yang telah ditambahkan akan menunggu proses antrian verfikasi yang oleh Dinas Pendidikan setempat.
9 Lakukan konfirmasi dan verifikasi melalui Dinas Pendidikan setelah dilakukan verifikasi sekolah melakukan sinkronisasi untuk menarik data peserta didik dari server dapodikdasmen.

Nah, sahabat pembaca teamdapodikdasmen demikian Cara Menambah Peserta Didik Baru Di Luar Aplikasi Dapodik, silahkan share apabila informasi ini bermanfaat.

Demikian, Salam Hehe !!!!!

No comments:

Post a Comment

Entri yang Diunggulkan

TRICK CLEAN UP WINDOW 10

  TRICK CLEAN UP WINDOW 10 Antonhehe.blogspot.com Trick 1 Pertama-tama, pergi ke menu Search dan masukan kata kunci "Disk C...