Wednesday, January 10, 2018

Cara Memperbaiki NUPTK Invalid Verval PTK

Cara Memperbaiki NUPTK Invalid Verval PTK

JIka operator sekolah menemukan Invalid NUPTK pada nama PTK atau NUPTK Duplikat atau ganda, hal ini menjadi harus diperbaiki berikut akan kami uraikan beberapa langkang dalam mengatasi NUPTK Invalid dan Duplikat.

Solusi mengatasi Invalid NUPTK, Cek dulu kevalidannya baca klik Cara Periksa Keaktifan NUPTK, Cara Mengatasi NUPTK Invalid Dan Ganda Pada Verval PTK

Pastikan pada aplikasi dapodik sudah dicek seperti dibawah ini :

  1. 1. Pada menu Penugasan PTK sudah dipilih Sekolah Induk (Ya);
  2. 2. Sudah dimapping pada Rombel pembelajaran;
  3. 3. Jika sudah diperbaiki lakukan sync, tunggu 1x24jam;
  4. 4. Jika karena salah entri NUPTK di dapodik, operator sekolah tinggal tunggu/pantau saja di vervalGTK, admin PDSPK akan melakukan verval yang hasilnya :

a. jika datanya ditemukan di arsip status invalidnya akan berubah jadi valid dan NUPTKnya terupdate;
b. jika datanya tidak ditemukan di arsip, nanti dijadikan kandidat penerima NUPTK(muncul dimenu Calon Penerima NUPTK). Yang kemarin terlanjur/belum(sama saja) entri Peg Id masuk poin ini. 
Baca juga Cara Verval PTK Upload Dokumen usul NUPTK

Jika yang terjadi NUPTK Duplikat atau Ganda

Cara mengatasi NUPTK ganda menurut admin PDSPK Aryadi Nugroho diselesaikan di Disdik Kab/Kota setempat (penentuan sekolah induk, karena tercatat lebih dari 1 sekolah, upload SK Satminkal/Penugasan Induk), admin dinas yang eksekusi.

CARA INPUT DAFTAR KEHADIRAN GTK PADA LAMAN http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id TAHUN 2017

CARA INPUT DAFTAR KEHADIRAN GTK PADA LAMAN http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id TAHUN 2017


Aplikasi Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan atau D.H.G.T.K tahun 2017 sudah bisa dipergunakan untuk memonitor kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan disekolah. Aplikasi ini terkoneksi langsung dengan data Dapodik versi 2018, sehingga bagi sekolah yang hendak menginputkan daftar hadir Guru dan Tenaga Kependidikannya harus melakukan sinkronisasi terlebih dahulu aplikasi Dapodik versi 2018 tersebut.
 Lalu bagaimanakah caranya menginputkan daftar kehadiran guru dan tenaga kependidikan pada aplikasi tersebut? Berikut kami share panduan input daftar kehadiran GTK pada laman  http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id:
  • Siapkan perangkat komputer atau laptop yang terkoneksi dengan jaringan. Hal ini diperlukan karena sistem aplikasi D.H.G.T.K hanya bisa dijalankan jika kondisinya perangkatnya terkoneksi dengan jaringan atau online.
  • Langkah kedua yang harus dilakukan adalah silahkan kunjungi link http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id untuk menampilkan bagian halaman aplikasi D.H.G.T.K. Anda dapat menggunakan berbagai browser sebagai media untuk membuka laman seperti chrome dan mozilla.
  • Langkah berikutnya adalah silahkan anda login aplikasi dengan menggunakan user dan pasword dapodik serta tidak lupa masukkan kode yang tertulis pada gambar yang tampil pada laman tersebut. Perhatikan langkah pada gambar berikut: 


 Keterangan Gambar:
  1. Silahkan inputkan user dapodik anda
  2. Silahkan inputkan pasword dapodik anda
  3. Masukkan kode yang tertulis pada gambar diatas. 
  • Setelah anda berhasil login, maka anda akan menjumpai halaman beranda aplikasi D.H.G.T.K. Pada halaman ini anda hanya menjumpai data profil sekolah, data pengguna, serta diagram kehadiran guru baik dalam satu bulan berjalan maupun diagram kehadiran guru dalam beberapa bulan. Berikut ini kami contohkan halaman beranda dari D.H.G.T.K:

Keterangan Gambar:
  1. Gambar yang ditunjukkan pada nomor satu merupakan gambar yang menampilkan profil sekolah.
  2. Gambar yang ditunjukkan pada nomor dua merupakan gambar yang menampilkan profil data pengguna.
  3. Gambar yang ditunjukkan pada nomor tiga merupakan gambar yang menampilkan diagram kehadiran guru dalam satu bulan berjalan dan,
  4. Gambar yang ditunjukkan pada nomor empat merupakan gambar yang menampilkan diagram data kehadiran guru dalam beberapa bulan
  • Langkah berikutnya adalah silahkan anda klik menu kehadiran yang terletak di sebelah kanan beranda. Pada menu kehadiran, anda akan disajikan sebuah notifikiasi yang tertulis " Anda belum memiliki kalender sekolah. Anda dapat menggunakan template kalender pendidikan yang ada dan disesuaikan dengan kalender sekolah. Klik tombol biru (ok) jika anda ingin menggunakannya, klik tombol merah (ok) jika anda tidak mau menggunakannya. Template ini akan selalu keluar, selama anda belum memiliki kalender sekolah". Dalam hal ini sebaiknya anda mengubah format kalender pendidikan seuai dengan kalender pendidikan sekolah. Untuk mengubah template kalender, anda dapat menggunakan menu yang terletak dibawahnya yaitu menu tambah baru, menu hapus semua dan menu show template.


Keterangan Gambar:
  1. Untuk membuat template baru, silahkan klik menu tambah baru
  2. Untuk menghapus semua template yang disediakan, maka klik hapus semua. Untuk sementara ini, menu ini belum berfungsi dengan baik, sehingga ketika kita klik hapus semua, template bawaan masih tampil dihalaman. Solusinya adalah hapus template satu persatu dengan memilik template lalu klik hapus.
  3. Untuk menampilkan template yang sudah dibuat, maka silahkan anda klik show template.
Lalu bagaimana membuat template baru? berikut ini juga kami sajikan cara membuat template baru pada laman D.H.G.T.K tahun 2017:
  • Persiapkan data kalender pendidikan sekolah anda.
  • Klik menu tambah baru yang terletak dibagian bawah menu kehadiran
  • Setelah anda menjumpai form isian tambah kalender, anda diminta memilih jenis libur, lalu inputkan mulai tanggal libur dan sampai tanggal libur. Anda juga dapat menambahkan keterangan jenis libur dibagian form isian keterangan, lalu klik simpan dan ok!. Berikut ini adalah contoh tambah kalender berdasarkan kalender pendidikan yang sekolah kami miliki:
a. Libur semester satu

b. Libur akhir tahun

c. Libur Nasional
  • Libur Nasional dalam Rangka HUT-RI

  • Libur Hari Besar Agama dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1438H


  • Libur Hari Besar Agama dalam Rangka Tahun Baru Islam 1439H


  • Iibur Hari Besar Agama dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW


  • Libur Hari Besar Agama dalam Rangka Hari Raya Natal 

  • Libur Cuti Bersama


Gambar yang ditampilkan diatas adalah contoh template kalender sekolah yang sudah kami ubah berdasarkan kalender pendidikan yang kami miliki, anda dapat meneruskannya hingga satu tahun pembelajaran penuh. Caranya sama yaitu hanya klik tambah baru, lalu pilih jenis libur, mulai tanggal, sampai tanggal lalu keterangan dan jangan lupa untuk disimpan. Setelah terbentuk template Kalendernya, maka anda tidak lagi melihat notifikasi kalender Anda belum memiliki kalender sekolah. Anda dapat menggunakan template kalender pendidikan yang ada dan disesuaikan dengan kalender sekolah. Klik tombol biru (ok) jika anda ingin menggunakannya, klik tombol merah (ok) jika anda tidak mau menggunakannya. Template ini akan selalu keluar, selama anda belum memiliki kalender sekolah". Anda akan melihat tampilan template kalender yang sudah anda buat seperti gambar berikut:
  • Langkah berikutnya setelah anda selesai membuat template kalender, silahkan anda inputkan daftar kehadirannya dengan cara pilih semester, pilih nama PTKlalu checklist apabila PTK tersebut hadir dan unchecklist apabila PTK tersebut tidak hadir. 

keterangan gambar:
1. Pada gambar yang ditunjukkan  nomor satu, silahkan pilih semester
2. Pada gambar yang ditunjukkan  nomor dua, silahkan anda pilih bulan sekarang
3. Pada gambar yang ditunjukkan nomor tiga, silahkan pilih nama PTK yang akan diceklist data kehadirannya
4. Pada gambar yang ditunjukkan nomor empat, silahkan ceklist hari dimana PTK tersebut masuk dan uncheklist bagi PTK yang tidak masuk (ditunjukkan pada nomor lima)
  • Langkah berikutnya adalah silahkan klik menu simppan dan refresh dimana kedua menu ini sudah tersedia dilaman tersebut
  • Bagi PTK yang tidak masuk karena izin/sakit/tugas luar, maka kita diminta menginput surat izin/sakit/tugas luar dengan form yang sudah disediakan. Berikut ini adalah contoh surat ijin dari dinas karena tugas luar, beserta cara penginputannya di aplikasi tersebut:
  • Siapkan berkas surat ijin keluar. Anda dapat lihat contoh berkasnya dibawah ini:

  • Silahkan input data surat ijin berdasarkan data yang sudah dipersiapkan. Adapun data yang harus diinput adalah
    • Nomor Surat Izin 
    • Prihal Surat
    • Tanggal Surat 
    • Ditandatangani oleh 
    • NIP Penanda tangan 
    • Jabatan
    • Jenis Izin ( jenis izin disini berupa izin sakit, izin, tugas keluar, cuti tahunan, xuti besar, cuti sakit, cuti melahirkan, cuti karena alasan penting, cuti bersama dan cuti diluar tanggungan negara)
    • Mulai tanggal
    • Selesai tanggal 
    • Keterangan


 bagi anda yang sudah menyiapkan berkas surat tugasnya, anda dapat menginputkan data seperti alur yang digambarkan diatas. Inputkan Nomor surat tugas, kemudian inputkan prihal surat, tanggal surat, ditandatangani oleh siapa dalam surat tersebut, jabatan si penandatangan sebagai apa, NIP Penandatanganny juga harus diniputkan, jenis surat harus dipilih, mulai tanggal dan selesai tanggal juga harus diinputkan. setelah selesai simpan dan kemudian direfresh
demikanlah informasi terkait cara input daftar kehadiran GTK pada laman  http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id, semoga bermanfaat bagi semua.

Tuesday, January 9, 2018

Backup Data DAPODIK

Backup Data DAPODIK

Dapodikmen tidak memiliki fasilitas backup data. Makanya kalau ada masalah dengan komputer ingin install ulang takut datanya hilang. Kalau masih sempat sinkronisasi tidak masalah karena backup data tersimpan di file prefill.
Tapi masalahnya belum sempat sinkron tapi komputer bermasalah. 

Sekarang ada cara untuk mem-backup data dapodik. Dengan cara ini data akan selamat walau aplikasi ikut terformat. Operator juga bisa ganti komputer tanpa melakukan download prefil atau registrasi. 

Berikut caranya :
STEP 1. MENONAKTIFKAN SISTEM DAPODIK
sebelum melakukan backup, matikan dahulu sistem dapodik yang sedang berjalan dengan cara masuk ke sistem service
caranya :
1. klik Start
2. pada kotak serach, ketik services.msc kemudian enter






















bila halaman services sudah terbuka, cari DapodikmenDB dan DapodikmenWebSrv. bila sudah ketemu, klik kanan pada DapodikmenDB kemudian klik stop dan tunggu proseslakukan cara yang sama pada DapodikmenWebSrv. Bila sudah tutup halaman services.

















STEP 2. PROSES BACKUP DATA
untuk backup data lakukan cara berikut :
1. buka windows exsplorer
2. Buka folder Dapodik_SMA_SMK di (C:\Program Files\Dapodik_SMA_SMK)
3. copy folder database dan dataweb
4. letakkan/paste pada tempat khusus untuk dapodik yang anda buat (bebas) selain di drive C
Sampai sini anda sudah punya backup data dapodik

STEP 3. PROSES RESTORE DATA
setelah anda install ulang komputer, otomatis aplikasi Dapodik ikut hilang.
untuk melakukan restore/mengemblikan data lakukan cara berikut :
1. Install Dapodiknya
2. Pastekan prefil yang pernah didownload pada folder prefil dan lakukan registrasi.
3. Bila sudah berhasil registrasi jangan login dahulu tutup aplikasi dapodik 
4. Buka kembali services.msc
5. lakukan cara yang sama pada STEP. MENONAKTIFKAN SISTEM DAPODIK
catatan : jangan tutup dulu halaman services karena masih butuh lagi
6. bila sistem dapodik sudah di stop, copy folder database dan dataweb yang tadi disimpan.
7. Buka folder Dapodik_SMA_SMK di (C:\Program Files\Dapodik_SMA_SMK) dan paste. bila muncul pesan replace saja.
8. bila copy file sudah selesai, silahkan buka kembali halaman services
9. Klik kanan pada DapodikmenDB sekarang pilih Start. lakukan cara yang sama pada DapodikmenWebSrv.
10. bila sudah tutup halaman services
11. Sekarang jalankan aplikasi Dapodikmen dan login.
12. Bila melakukan langkah diatas Dapodik anda seharusnya kembali seperti semula.

SEMOGA BERMANFAAT !

Sunday, January 7, 2018

cara mengatasi guru tidak ada di erapor tapi ada di dapodik


Kawan ada sebuah permasalahan terkait masalah e rapor, bagaimana cara mengatasi guru nyangkut ada 1 guru tidak ada di erapor tapi ada didapodik, sudah saya sinkron berulang kali masih gak mau muncul tapi anehnya ketika di tambah manual data guru sudah ada, bagaimanakah solusinya.

Berikut ini mungkin salah satu solusi dari permasalahan diatas :
  1. Solusi Permata : PERTAMA-TAMA  BUKA DAPODIKNYA, KLIK MENU PTK PILIH NAMA GURU YANG BERMASALAH >> KLIK TOMBOL UBAH, LIHAT DAN UBAHLAH STATUS PTK MENJADI : "GURU MAPEL". LALU BUKA ERAPORNYA DAN LOGIN DI MENU ADMIN, KLIK MENU IMPOR/EKSPOR DATA>>KLIK DAN PILIH AMBIL DATA DARI DAPODIKMEN KEMUDIAN SINGKRONISASI ULANG... INSHAA ALLAH BERHASIL.
  2. Solusi Kedua : Coba cek di dapodik pemilihan program pengajaran , k-13, MIPA, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa dan Budaya, kemarin saya menemukan kasus juga begitu ada yang nyangkut setelah saya cek di dapodik salah pilih program pengajaran setelah saya ubah akhirnya masuk.

Cara Membuat Username Password Guru dan Siswa Aplikasi e-Rapor 2017

Di dalam aplikasi e-Rapor SMP, generalisasi data user (pemakai) perlu dilakukan untuk memberikan username dan password standar kepada guru mata pelajaran, wali kelas, guru Bimbingan Konseling, dan peserta didik.
Dengan diberikannya username dan password tersebut, maka guru dan peserta didik dapat memiliki akses ke e-Rapor.
Berikut ini adalah langkah untuk melakukan generalisasi data user yang perlu diketahui oleh admin selaku yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan e-Rapor.
  • Pada Menu pilih “Data User”
  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini.
  • Klik tombol “Generate User” yang terletak pada kanan atas, tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan seperti gambar berikut.
  • Selanjutnya untuk mengetahui username, password standar serta level pengguna  klik tombol “ Download Data User”, maka akan Anda peroleh file: user_E-Rapor.xlxs yang berisi data username, password standar, dan level pengguna (user).
Tugas admin selanjutnya adalah memberikan username dan password tersebut kepada yang bersangkutan untuk dapat mengakses e-Rapor SMP.
Secara umum username dan password standar tersebut adalah sebagai berikut.
Untuk Guru Mapel yang ber NIP
Username : NIP
Password : 123456
(Contoh : 196807171991031008)
Untuk Guru yang belum ber NIP
Username : namaguru (maksimum 18 digit tanpa huruf  kapital
(Contoh : igedekusumawahyudi)
Password : 123456
Untuk Wali Kelas
Username : namarombelsemester (tanpa spasi dan huruf
kapital)
(Contoh : viiia20171)
Password : 123456
Untuk Guru BK yang telah ber NIP
Username :BK+NIP
(Misal: BK196807171991031008)
Password : 123456
Untuk Guru BK yang belum ber NIP
Username : namaguru (maksimum 18 digit tanpa huruf
kapital
Password : 123456
Contoh : igedekusumawahyudi
Untuk Peserta didik
Username : NISN siswa

(Sumber : http://ditpsmp.kemdikbud.go.id)
Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Username Password Guru dan Siswa Aplikasi e-Rapor 2017. Semoga bermanfaat.

Saturday, January 6, 2018

cara daftar emis online

Aplikasi EMIS berbasis website telah bisa diakses. Untuk bisa masuk ke dalam aplikasi tersebut, kita harus login terlebih dahulu.

Nah bagi anda yang belum memiliki username maka diharuskan untuk mendaftar diri, dengan cara mengisi biodata yang telah disediakan.

Panduan Pendaftaran Akun Emis SDM Terbaru


Agar dalam pendaftaran dilakukan dengan benar, berikut ini kami sampaikan Panduan Pendaftaran Akun Emis SDM Terbaru berikut ini:

1. Silahkan kunjungi website https://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/main.php 

2. Klik pada Menu DAFTAR yang berada di pojok kiri bawah

3. Lengkapilah form data sebagai berikut :

Profil Operator EMIS, terdiri dari:
  • Email : Isi alamat email yang akan digunakan sebagai username. Email yang digunakan adalah email instansi/lembaga. Tidak diperbolehkan menggunakan email pribadi.
  • Pasword : Isikan password yang dikehendaki
  • Ulangi Password : isikan password sebagaimana yang diisi pada kolom sebelumnya
  • Jabatan : Pilihlah salah satu jenis jabatan yang sesuai. Untuk Operator EMIS Pilih jabatan Operator
  • NIP/Nopeg : Isikan NIP jika PNS, Jika Non PNS, maka isikan tanda ( - )
  • Pangkat/ Golongan : Pilihlah salah satu jenis golongan (jika PNS), Jika tidak maka pilih yang bertanda (--)
  • Nama Lengkap : Isikan nama lengkap sesuai dengan SK atau surat tugas anda
  • Tempat Lahir : Isikan data tempat lahir anda
  • Tanggal Lahir : isikan tanggal lahir anda dengan format tanggal(dd)/bulan(bb)/tahun(yyyy)
  • Nomor HP : Isikan no. HP anda

Tempat Tinggal, terdiri dari:
  • Alamat : isikan nama jalan, Desa/Kelurahan dan RT/RW tempat tinggal anda
  • Provinsi : Pilih salah satu provinsi yang sesuai
  • Kabupaten : Pilih salah satu kabupaten yang sesuai
  • Kecamatan : Pilih salah satu kecamatan yang sesuai

Tempat Tugas
  • Kategori Akses : Pilih salah satu pilihan yang sesuai
  • Untuk operator lembaga pilih Lembaga Pendidikan/PTK
  • Untuk operator kabupaten/kota pilih Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
  • Hak Akses : Pilih salah satu pilihan yang sesuai
  • Untuk operator lembaga pilih jenis lembaga yang sesuai
  • Untuk operator kabupaten pilih jenis operator yang sesuai

Identitas :
  • Untuk operator lembaga masukkan Nomor statistik lembaga bersangkutan
  • Untuk operator kabupaten, masukkan NIK pada KTP
  • Tempat Tugas : Isikan nama instansi tempat tugas atau nama lembaga
  • Alamat Kantor : Isikan alamat instansi atau lembaga
  • Provinsi : Pilih salah satu provinsi yang sesuai
  • Kabupaten : Pilih salah satu kabupaten yang sesuai
  • Kecamatan : Pilih salah satu kecamatan yang sesuai
  • Telepon : Isikan nomor telepon instansi atau lembaga. Jika tidak ada Isikan dengan no.HP Status Pegawai : Pilih salah satu pilihan yang sesuai
 Simak Video Panduan Pendaftaran Akun EMIS SDM Terbaru di bawah ini:

  

4. Unggah file SK atau surat tugas sebagai operator EMIS dengan format .PDF dan ukuran Maksimal 200 KB

5. Klik SIMPAN.

6. Jika sudah selesai, tinggal menunggu konfirmasi pengkatifan akun oleh operator EMIS Kabupaten/Kota atau Kanwil

Catatan :
  • Bagi operator EMIS lembaga harus melakukan pendaftaran ulang dikarenakan akun EMIS SDM yang lama telah dihapus oleh Sistem di pusat.
  • Bagi Operator EMIS Kabupaten Kota dalam proses APPROVE (pengaktifan akun) lembaga diharapkan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  1. Nama operator yang didaftarkan sudah sesuai dengan nama pada file SK atau surat tugas yang diupload
  2. Pastikan pilihan pada Kategori Akses dan Hak Akses sudah sesuai
  3. Pastikan seluruh data profil telah terisi dengan baik dan benar
Silahkan download Panduan Pendaftaran Akun Emis SDM Terbaru berikut ini:


Demikianlah informasi mengenai Panduan Pendaftaran Akun Emis SDM Terbaru yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Friday, January 5, 2018

Cara Mudah Memperbaiki NUPTK yang Salah Input Di Dapodik

Cara Mudah Memperbaiki NUPTK yang Salah Input Di Dapodik

Cara Mudah Memperbaiki NUPTK yang Salah Input Di Dapodik. Bagi para Guru di Indonesia, tentu tak asing dengan yang namanya Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau NUPTK. Semua guru tentu ingin segera mendapatkan nomor ini, mengingat sampai sekarang NUPTK masih menjadi syarat utama agar guru bisa memperoleh sertifikasi.

Berbicara mengenai NUPTK, kali ini saya akan membahas mengenai Cara Mudah Memperbaiki NUPTK yang Salah Input Di Dapodik. Perlu diketahui sebelumnya, bahwa NUPTK guru harus dimasukkan ke dalam Aplikasi Dapodik. Ini dilakukansebagai langkag pendataan jika guru bersangkutan benar-benar masih aktif mengajar di sebuah sekolah.

Dalam input Data NUPTK di Dapodik perlu diteliti dengan baik, sebab banyak kasus terjadi NUPTK yang dimasukkan tidak sesuai atau tidak cocok. Akibatnya, di VerValaPTK, NUPTK guru bersangkutang dinyatakan tidak valid. Sebab sistem mendeteksi bahwa NUPTK tersebut tidak terdaftar secara resmi di server pusat.

Cara Mudah Memperbaiki NUPTK yang Salah Input Di Dapodik
Cara Mudah Memperbaiki NUPTK yang Salah Input Di Dapodik.

Tentu ini menjadi sebuah kejadian yang tak ingin dialamai oleh semua guru. Mengingat data NUPTK tergolong sangat vital dan penting. Selain itu, kesalahan pada input NUPTK tidak bisa diperbaiki seenaknya saja. Sekali Input NUPTK dan anda menyimpannya maka server atau Operator Dapodik pusat seketika juga akan menguncinya. Sehingga data NUPTK tak bisa anda buka lagi untuk dilakukan pengeditan agar sesuai dengan data yang benar.

Sobat Operator Dapodik sekalian, perlu anda ketahui kesalahan Input NUPTK di Aplikasi Dapodik biasanya disebabkan beberapa hal yaitu:

1. NUPTK Diisi dengan Asal-asalan

Kasus ini biasanya dialami oleh Operator Dapodik baru, yang belum memahami benar mekanismen pengisian data PTK termasuk aturan input NUPTK. Karena mungkin ada seorang guru belum memiliki NUPTK maka berinisiatif mengisinya dengan data asal. Misalnya, 00000000000000000/1111111111111111 hal ini dimaksudkan agar terjadi perbaikan data dari server pusat sehingga Guru terkait otomastis akan mendapatkan NUPTK. Padahal mekanisme penerbitan NUPTK sekarang dilakukan secara online melalui VerVal PTK.

Ingat!!! Tidak semua kolom data diri PTK di Aplikasi Dapodik harus diisi. Yang wajib diisi biasanya diberi Bintang Merah. NUPTK termasuk data Opsional yang artinya hanya diisi bagi yang sudah memiliki.

2. NUPTK Diisi Bukan dengan NUPTK

Banyak PTK mengira NUPTK itu sama dengan PegID, sehingga ia memberikan nomor PegID ke operator untuk dimasukkan ke dalam data NUPTK. Ini merupakan langkah yang salah, mengingat kedua hal tersebut sangat berbeda.

Secara penomoran saja antara NUPTK dan PegID sudah berbeda. Sehingga keduanya tidak bisa disamakan. PegID saat ini sudah tidak berlaku, nomor tersebut hanya berfungsi saat ada sistem Padamu Negeri beberapa tahun yang lalau. Ingat! Jangan memaksakan diri memasukkan PegID ke kolom NUPTK sebab akan berakibat fatal.

3. NUPTK Belum Diisi atau Kosong padahal PTK Terkait Sudah Memiliki NUPTK

Ini juga menjadi persolan, sebab setelah anda melakukan pengisian data PTK maka kolom NUPTK akan terkunci. Untuk itu pastikan PTK bersangkutan mengisi semua data yang memang dia miliki. Jika suda memiliki NUPTK, maka wajib dimasukkan ke Dapodik.

Tugas Operator adalah memberikan Formulir PTK ke pada guru. Sehingga mereka dapatmengisi datanya sendiri sesuai dengan kenyataan. Dan Diingatkan jika sudah memiliki NUPTK harus dicantumkan.
4. Jumlah Nomor yang diinput Kurang

Perlu anda ketahui, jumlah nomor dalam NUPTK adalah 16. Untuk itu, dalam input data NUPTK di Dapodik anda perlu menghitung terlebih dahulu jumlah nomor NUPTK yang akan diinput. Alangkah lebih baiknya juga jika anda mengceknya terlebih dahulu di website http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status

Setelah mengetahui penyebab-penyebab terjadinya salah Input NUPTK di Aplikasi Dapodik, pasti anda akan bertanya bisakah kesalahan input NUPTK tersebut diperbaiki? Lantas bagaiamana cara dan prosesdurnya?

Perlu anda pahami bersama terlebih dahulu, awalnya Kolom NUPTK di Dapodik terbuka tidak dikunci. Penyebab Kolom NUPTK dikunci setelah pengisian dikarenakan seringnya terjadi perubahan NUPTK guru. Akibatnya pendataan guru jadi kacau, sehingga diperlukan kebenaran input data NUPTK.

Apalagi ketika NUPTK yang diinput sudah benar sesuai dengan apa yang dimiliki tentu tidak membutuhkan edit data kembali. Sebab nomor yang tertera di dalam NUPTK sampai kapanpun tidak akan pernah diubah.

Setelah memahami penjelasan di atas, sekarang saatnya membahas Cara Mudah Memperbaiki NUPTK yang Salah Input Di Dapodik:

1. Edit NUPTK di Awal Semester

Meski dikunci, pada kenyataannya kolom NUPTK tidak selamanya di kunci. Biasanya setiap awal semester atau tahun ajaran baru, semua kolom yang dikunci dalam Dapodik akan dibuka. Untuk itu, anda bisa memanfaatkan saat-saat awal semester untuk mengedit data yang keliru di dalam Dapodik, termasuk NUPTK.

2. Cek Report Sinkronisasi

Langkah selanjutnya adalah pastikan anda sudah melakukan sinkronisasi. Perhatikan hasil Sinkronisasi pada bagian “Perubahan Data yang Masuk ke Lokal. Kemudian perhatikan kolom NAMA TABEL, jika ada keterangan “Vld PTK” yang berstatus Sukses maka PTK yang memiliki NUPTK Invalid, di kolom NUPTK pada Aplikasi Dapodik akan aktif sehingga dapat diedit atau diubah sesuai data yang benar. Ingat, kesempatan perubahan hanya satu kali. Setelah itu akan dikunci kembali.


3. Cek NUPTK 

Setelah kolom NUPTK di Aplikasi Dapodik terbuka, anda bisa mengedit NUPTK anda. Pastikan perbaikan yang anda lakukan benar. Jangan sampai NUPTK yang anda masukkan salah kembali. Maka dari itu, sebelum memasukkan nomor ada baiknya anda mengecek validitas NUPTK di laman khusus GTK yang beralamat di http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status

4. Sinkronisasi Data

Usai data NUPTK anda perbaiki, segeralah lakukan Sinkronisasi Dapodik. Ini dilakukan untuk mengirimkan perbaikan atau perubahan data di Dapodik. Ini berlaku untuk perbaikan semua jenis data di Dapodik. Meski anda sudah menyimapannya namun belum di Sinkronisasi maka data tak akan berubah. Untuk itu, segera Sinkronisasi perbaikan NUPTK anda.

5. Tunggu Perbaikan dari Server Pusat

Perbaikan data apa saja yang terkait dengan Dapodik tidak bisa begitu saja disetujui. Server pusat akan meneliti terlebih dahulu setiap data perbaikan dan perubahan yang dikirim. Maka dari itu, anda perlu bersabar untuk menanti. Biasanya proses ini memerlukan waktu minimal 1x24 jam atau bisa saja lebih. Tergantung banyak sedikitnya data perubahan yang dikirm ke pusat.

Cukup rumit memang, hal ini sangat wajar karena ini berkaitan dengan pendataan guru. Tentu PDSK tidak ingin sering terjadi perubahan NUPTK di Dapodik yang bisa membuat pendataan Guru menjadi kacau. Nah agar kesalahan mengenai Input NUPTK di Dapodik tidak anda alami ada baiknya ikuti tips berikut ini:

a. Sebelum dimasukkan ke Dapodik Cek NUPTK terlebih dahulu dilaman pengecekan NUPTK seperti yang sudah saya jelaskan di atas

b. Masukka NUPTK disaksikan dengan Guru bersangkutan, tujuannya agar ia bisa memastikan NUPTK yang diinput valid

c. Sebelum disimpan cek kembali semua data yang ada input di Dapodik termasuk bagian NUPTK

Demikian informasi mengenai Cara Mudah Memperbaiki NUPTK yang Salah Input Di Dapodik. Semoga dapat bermanfaat.

Entri yang Diunggulkan

TRICK CLEAN UP WINDOW 10

  TRICK CLEAN UP WINDOW 10 Antonhehe.blogspot.com Trick 1 Pertama-tama, pergi ke menu Search dan masukan kata kunci "Disk C...