Saturday, October 6, 2018

Cara isi absen online v.2 hehe

CARA MENGERJAKAN

DAFTAR HADIR GURU TENAGA KEPENDIDIKAN


(DHGTK) VERSI 2


untuk video nya silahkan simak di bawah ini, hehe




lengkapnya silahkan download panduan di bawah ini, hehe

this link hehe




A. LOGIN
Masuk ke LINK DHGTK v.2 :
http:// http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2/
Setelah Login maka akan menampilkan Dashboard seperti ini :


B. KELENGKAPAN SEKOLAH
1. IZIN PEGAWAI
Keterangan :
a. Pilih salah satu PTK
b. Pilih Tanggal dan Bulan Izin
c. Tambah Izin PTK

Entri Izin Pegawai


Maka Setelah berhasil seperti gambar dibawah ini :

2. OPERASIONAL SEKOLAH


Untuk membuat Jam mengajar menggunanakn “TAB” pada

keyboard,,
Untuk menu Operasional Sekolah pilih salah satu “Alokasi
waktu Penyelenggara” sesuai dengan Sekolah.
Catatan :
 Bagi Sekolahan yang sudah menggunakan FingerPrint
pembuatan Alokasi waktu menggunakan Aplikasi “G.E.I.S.A”
yang sudah terkoneksi dengan Mesin FingerPrint
 Bagi Sekolahan yang belum menggunakan FingerPrint bisa
membuat Alokasi Waktunya di DHGTK V.2

Pilih sesuai Alokasi Waktu Penyelenggaraan :
Contoh seperti Gambar dibawah ini

Alokasi 5 (Lima) Hari

Alokasi 6 (Enam) Hari

3. KALENDER PENDIDIKAN

Untuk Kalender Pendidikan sudah otomatis, jika tidak dicentang

Checkbox

Jika lama menunggu Loading,

Releoad dengan cara tekan “CTRL + F5”


4. ENTRI KEHADIRAN


Sebelem mengisi entri kehadiran PTK, ada baiknya membaca

“Peringatan” dan “Panduan” yang tertera disamping data PTK,
seperti gambar dibawah ini :
Peringatan & Cara Mengisi

Setelah itu pilih Tanggal Kehadiran dan checkbox semua PTK
yang hadir dan untuk PTK tidak hadir abaikan checkbox nya,

Keterangan :


5. S.P.T.J.M

Sesuaikan Bulan yang akan dikunci (SPTJM),

Pada saat Penguncian ABSEN, diusahakan click pada akhir
pertanggalan,,, (Lihat Gambar)

Maka tahap selanjutnya pengisian “Pejabat SPTJM” sesuai

dengan Identitas Kepala Sekolah yang ada di Dapodik,
setelah mengisi Identitas dengan benar, maka clik “SIMPAN”
(seperti gambar dibawah ini)

Jika Proses selesai dengan benar maka Penguncian SPTJM telah
berhasil dan SUKSES
Demikianlah mengerjakan DHGTK versi.2 tanpa FingerPrint


  1. Jika sudah diisi dan rekap kehadirannya sudah benar, klik menu download PDF di sebelah kiri laman situs. Jika terhubung printer bisa langsung di print, jika tidak download saja dulu, nanti di print kemudian.
  2. Demikianlah cara pengisian DHGTK versi baru. Naun sepertiya versi baru ini masih banyak sekali bug atau kelemahan karena mungkin masih dalam tahap ujicoba.
Keterangan :
Untuk mengecek hasil
pengentrian DHGTK cek di
menu Dashbord LAPORAN
C. LAPORAN
1. LAPORAN HARIAN & BULANAN

Rekap Harian


Irvan Pieth Onthel OPS_Nyambut.Gawe@NgopiTipisTipis.com

Hasil rekap agar kiranya untuk menjadi acuan bisa download

D. LOGOUT


Rekap Bulanan






dan untuk video nya  => klik 
me hehe

Tuesday, October 2, 2018

PDF Compressor

PDF Compressor

PDF Compressor

Compress PDF Files & Reduce PDF File Size Easily


There are lots of scanned PDF files need to be copied, transferred or exchanged often on the Internet. However, scanned PDF documents are made from images and the file sizes are very large. It is not easy to send emails with large PDF attachments.

PDF Compressor is a Windows utility that compresses scanned PDF files and reduces PDF file size from 30 MB to only 8 MB (Compression Ratio: 23%) fast and easily. This tool allows users to change the compressing value to get better compressed result and content quality. Also, the program supports batch mode and lets users compress hundreds of PDF documents at one time.

PDF Compressor can save the compressed PDF documents to original PDF folder without overwriting the original PDF files. But if you like, it can also output compressed files to a specified folder path.

The program can automatically remove the restriction from protected PDF files as well.

Now the latest version of PDF Compressor is able to compress text PDF which has not been compressed before.

Teilen auf Twitter Teilen auf Facebook Teilen auf Stumbleupon Teilen auf Digg Teilen auf Delicious Teilen auf Reddit 

PDF Compressor Screenshot and Compressing Result


Screenshot and compressing result



The PDF Compressor Application For Windows Users


As a person who deals with PDF files on a daily basis, you require special tools that could improve tackling and usage. First, if you have scanned PDF files, you need a PDF Compressor tool to compress and reduce file sizes. Scanned PDFs usually consist of graphics and large sizes that affect how they are transferred electronically via emails. To reduce the size of both graphics and content, pick this Windows application tool. It is capable of compressing a 30MB file to only eight Megabytes. Its compression ratio is twenty-three percent and it reduces a file size without tampering with the quality of content.

The result is always great and the compressed PDF file can be kept in the original PDF folder without affecting the original PDF files. If you want to avoid confusion, the tool provides a chance to select a special folder path through which all compressed files would follow. Another incredible thing this compression application can do is to open restricted PDFs so you can compress their size.

Method of Compressing PDFs


The PDF Compression Windows tool works in a particular way. So it is important to know how it works so you can receive expected results. Here is the method.

- Download PDF Compressor and Install it. You should go directly the download page.

- Once your download is complete, Click Add or Add Folder buttons. This will enable you to add PDF files.

- Alter the Compress Quality slider option. Alternatively, change the DPI option or make use of the default setting for scanned PDFs.

- Click on Start button to begin compressing your files.

Benefits of using the PDF Compressor


- Minimizes PDF files sizes
- Accepts restricted or encrypted PDF files
- Offers a Batch Mode that enables one to compress several files at once
- Maintains the quality of your original PDF files
- It is quick, user-friendly and thorough
- Doesn't require installation of Adobe Acrobat.

What to expect for PDF Compressor


After compressing your PDF files, you might notice that your files are still larger that necessary. There are a few reasons why this can happen. First, note that most text PDF documents are compressed when being created. So when you try to compress them further using this special tool, the size could stay constant. Next, you may be dealing with scanned PDF files. These consist of images that the PDF Compression is supposed to compress and minimize.

Hence, if your PDF documents are not scanned copies, You need to set the PDF Type to "Text PDF" and then it could compress PDF files well. Finally, you cannot attempt to compress PDF files that have already been compressed. This process cannot be done twice. If there is blurring of some sort noticeable on your compressed PDFs, examine the DPI value and Compression Quality value. If these two are too low, you cannot expect good quality results. So, make the Compression Quality more than seventy-five percent and alter the DPI value to one hundred and twenty. Once you do this, the blurring will disappear.

So, if you deal with large and bulky PDF files that are full of images, get your PDF Compressor today.

RPP SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 Lengkap

RPP SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 Lengkap

 

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan perangkat pembelajaran pembelajaran yang mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, buku panduan guru, progam stahuanan, program semester dan lain-lain. Sebagaimana kita ketahui, RPP wajib di miliki oleh setiap Guru. RPP Kurikulum 2013 memuat Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran yakni religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
RPP SD/MI k13 revisi 2018 ini sudah di integrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); dan HOTS (Higher Order Thinking Skill).

RPP kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi terbaru 2018 yang coba kami bagikan ini didalamnya dilengkapi dengan KI1, KI2, KI3 dan KI4, dengan tujuan untuk menumbuhkan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan para peserta didik.

Rekomendasi kami : Pemetaan KD Kelas 3 Semester 1 K13 Revisi 2018
Selengkapnya, bagi bapak/ibu guru yang belum memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 revisi 2018 kelas 1 2 3 4 5 6 bisa mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.

RPP k13 kelas 1 SD/MI Semester 1 Revisi 2018, Unduh
RPP k13 kelas 1 SD/MI Semester 2 Revisi 2018, Unduh
RPP k13 kelas 2 SD/MI Semester 1 & 2 Revisi 2018, Unduh
RPP k13 kelas 3 SD/MI Semester 1 & 2 Revisi 2018, Unduh
RPP k13 kelas 4 SD/MI Semester 1 Revisi 2018, Unduh
RPP k13 kelas 4 SD/MI Semester 2 Revisi 2018, Unduh
RPP k13 kelas 5 SD/MI Semester 1 & 2 Revisi 2018, Unduh
RPP k13 kelas 6 SD/MI Semester 1 & 2 Revisi 2018, Unduh
RPP PAI dan BP Kelas 1 2 3 4 5 6 K13 Revisi 2018, Unduh
RPP Matematika Kelas 4 SD/MI K13 Revisi 2018, Unduh
RPP Matematika Kelas 5 SD/MI K13 Revisi 2018, Unduh
RPP Matematika Kelas 6 SD/MI K13 Revisi 2018, Unduh

Demikian RPP SD/MI Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

Download Silabus Kurikulum 2013 K13 SD/MI Edisi Revisi 2017 Lengkap

Download Silabus Kurikulum 2013 K13 SD/MI Edisi Revisi 2017 Lengkap

Download Silabus Kurikulum 2013 K13 SD/MI Edisi Revisi 2017 Lengkap
 Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.
Pengembangan Silabus diserahkan sepenuhnya kepada setiap satuan pendidikan.Setiap satuan pendidikan diberi kebebasan dan keleluasaan dalam mengembangkan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing.
Prinsip Pengembangan Silabus
Pengembangan silabus yang dilakukan oleh setiap satuan pendidikan harus tetap berada dalam bingkai pengembangan kurikulum nasional, sehingga perlu memerhatikan prinsip-prinsip pengembangan silabus.
Berikut ini beberapa prinsip yang harus diikuti dalam pengembangan silabus.
  • Ilmiah; pengembangan silabus harus dilakukan dengan prinsip ilmiah, yang mengandung arti bahwa keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar, logis dan dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan.
  • Relevan; akupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian dalam silabus sesuai atau ada keterkaitan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional dan spiritual peserta didik.
  • Sistematis; komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
  • Konsisten; adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajarr, sumber belajar dan sistem penilaian.
  • Memadai ; akupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
  • Aktual dan Kontekstual; akupan indikator, materi pokok, pengalaman bekajar, sumber belajar dan sistem penilaian memerhatikkan perkembangan ilmu, teknologi dan seni mutahir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
  • Fleksibel; keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
  • Menyeluruh; komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).
Unduh Silabus Kurikulum 2013 K13 SD/MI Edisi Revisi 2017 Lengkap
Unduh Silabus Kurikulum 2013 K13 SD/MI Edisi Revisi 2017 Lengkap
Komponen-Komponen Silabus
Berikut ini adalah beberapa komponen yang harus ada dalam pengembangan silabus.
  • Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Inti (KI) merupakan gambaran mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari oleh peserta didik untuk jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran.
Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dalam bentuk kualitas. Kompetensi inti bukan untuk diajarkan, akan tetapi untuk dibentuk melalui pembelajaran mata pelajaran yang relevan.
Setiap mata pelajaran harus relevan dengan kompetensi inti yang telah dirumuskan tau berkontribusi terhadap pembentukan kompetensi inti.
  • Kompetensi Dasar (KD)
Kompetensi Dasar (KD) adalah kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran.
Mengkaji kompetensi dasar mata pelajaran harus dengan memperhatikan urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan  materi, keterkaitan antara kompetensi inti dengan kompetensi dasar dalam mata pelajaran, dan keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata  pelajaran.
  • Indikator pencapaian kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi merupakan perilaku yang dapat diukur atau diamati untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
Indikator digunakan sebagai penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator juga digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
  • Materi Pokok
Materi pokok adalah pokok-pokok materi yang harus dipelajari peserta didik sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar dan yang akan dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian yang disusun berdasarkan indikator  pencapaian belajar.
Secara umum  materi pokok memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedut yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
  • Pembelajaran
Pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Strategi pembelajaran dapat berupa kegiatan  tatap muka dan non tatap muka atau pengalaman belajar.
Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar.
Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik.
  • Penilaian
Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut. Tindak lanjut dapat berupa perbaikan proses pembelajaran berikutnya, program remidial bagi peserta didik yang pencapaian kompetensinya di bawah kriteria ketuntasan, dan program pengayaan untuk peserta didik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan.
  • Alokasi Waktu
Alokasi waktu adalah waktu yang dibutuhkan untuk mencapai sebuah kompetensi. Penetapan alokasi waktu dalam pengembangan silabus disesuaikan  dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun.
Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan materi, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar.
Alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik yang kompleks dan beragam.
  • Sumber belajar
Sumber belajar adalah rujukan, objek atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Sumber belajar dapat berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.
Download Silabus Kurikulum 2013 K13 SD/MI Edisi Revisi 2017 Lengkap
Silabus harus disusun dengan format dan penyajian yang sederhana, sehingga menjadi mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya menjadi lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman, tetapi lingkup dan substansinya tidak berkurang.
Penyusunan silabus dapat dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum, kemudahan guru dalam mengajar, kemudahan bagi peserta didik dalam belajar, keterukuran pencapaian kompetensi, kebermaknaan, dan kebermanfaatan untuk dipelajari sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.
Di dalam membantu Bapak/Ibu Guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, berikut kami bagikan Silabus Kurikulum 2013 SD/MI edisi revisi 2017 lengkap untuk semua mata pelajaran.
Bapak/Ibu Guru dapat download silabus Kurikulum 2013 K13 SD/MI Edisi Revisi 2017 lengkap dengan cara klik tautan di bawah ini.
Untuk Silabus Kurikulum 2013 SD/MI Edisi Revisi 2016, Bapak/Ibu Guru juga dapat klik tautan di bawah ini.
Demikian yang dapat kami bagikan terkait Download Silabus Kurikulum 2013 K13 SD/MI Edisi Revisi 2017 Lengkap. Semoga dapat bermanfaat dalam membantu Bapak/Ibu Guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai kebutuhan.

Wednesday, September 26, 2018

Cara Terbaru Edit Nama, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung Siswa dengan Melakukan Verval PD pada Website vervalpd.data.kemdikbud.go.id

Cara Terbaru Edit Nama, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung Siswa dengan Melakukan Verval PD pada Website vervalpd.data.kemdikbud.go.id

Update: Cara Edit Nama, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung Siswa/Peserta Didik SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 ( calon peserta US), SMP Kelas 7, 8, dan 9 (calon peserta UN SMP 2018), SMA/SMK Kelas 10, 11, dan Kelas 12 (calon peserta UN SMA-SMK 2018 ) di Dapodik dengan melakukan verifikasi dan validasi (Verval) data Peserta Didik (PD) pada Website http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id_Sobat Operator Dapodik Sekolah, sebagaimana kita ketahui bahwa data terpenting yang diinput ke aplikasi dapodik seperti: nama siswa, tanggal lahir, NISN, dan nama ibu kandung peserta didik di aplikasi dapodik versi terbaru tahun pelajaran 2017/2018, akan terkunci setelah kita melakukan sinkronisasi dapodik. Ya ya, kita beruntung karena sekarang hanya 4 data tersebut yang terkunci, sehingga untuk mengubah data tempat lahir dan jenis kelamin siswa kini bisa dilakukan lewat aplikasi dapodik. Berbeda waktu dapodik versi lama, di mana dulu data tempat lahir dan jenis kelamin L/P juga ikut terkunci dan jika ada yang salah harus mengedit dengan Verval PD.

Sobat Operator Dapodik, jika ada data siswa SD/SMP/SMA yang salah di dapodik, dalam artian tidak sesuai dengan data di dokumen akta kelahiran anak , maka segeralah mengubah data tersebut di dapodik dan/atau mengajukan perubahan data melalui Verval PD khusus data yang terkunci atau tidak bisa diedit lewat dapodik.

Bagaiamana cara mengubah nama, tanggal lahir, dan nama ibu kandung peserta didik di dapodik?

Ok, kali ini Admin akan berbagi pengalaman tentang cara mengedit nama siswa, tanggal lahir siswa, dan nama ibu kandung siswa karena ternyata di aplikasi dapodik sekolah masih ada siswa yang namanya salah, tanggal lahirnya salah, nama dan tanggal lahirnya salah, bahkan mungkin semuanya salah ( nama, tanggal lahir, dan nama ibu kandung siswa).

Cara Edit Nama, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung Siswa di Dapodik  dengan Melakukan Verval PD pada Website vervalpd.data.kemdikbud.go.id : 

Sebelum Anda mengedit data siswa di Verval PD Kemdikbud, pastikan Anda sudah menyiapkan file hasil scan akta kelahiran siswa dengan format JPG/PNG. Setelah itu, silakan:

1. Kunjungi dan login di vervalpd.data.kemdikbud.go.id 

Cara Terbaru Edit Nama, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung Siswa di Dapodik  dengan Melakukan Verval PD pada Website vervalpd.data.kemdikbud.go.id
Untuk username dan password sama dengan kalau sobat login di Dapodik ( jika memang usename dan passwordnya belum dirubah), setelah username, password, dan kode dimasukkan, seperti biasa, silakan klik " Login In"

2. Klik  menu " Nama & Tanggal Lahir "
Menu Edit Data Siswa di Verval Data PD
Setelah berhasil masuk di halaman beranda website vervalpd.data.kemdikbud.go.id, arahkan kursor pada menu "Edit Data", kemudian arahkan ke menu "Pengajuan", dan klik menu "Nama & Tanggal Lahir"

3. Pilih Nama Siswa
Pilih nama siswa yang nama-tanggal-lahir-nama ibu kandungnya salah
Silakan klik menu "Pilih Siswa", setelah tampil data nama siswa, silakan klik nama siswa yang akan diedit nama/tanggal lahir/nama ibu kandungnya, dan klik "OK".
4. Ada berbagai kemungkinan jenis kesalahan data yang salah :
  • hanya namanya yang salah 
  • hanya tanggal lahirnya yang salah 
  • hanya nama ibu kandung siswanya yang salah
  • nama dan tanggal lahirnya
  • nama dan nama ibu kandung siswa
  • tanggal lahir dan nama ibu kandung siswa
  • nama, tanggal lahir, dan nama ibu kandung siswanya semua salah
Ketentuan :
a. Jika hanya namanya yang salah maka  yang wajib diedit yaitu namanya. Adapun pada kolom "Tanggal Lahir Baru dan Nama Ibu kandung Baru" juga wajib diisi yakni sama dengan yang ada di kolom " Tanggal Lahir Lama dan Nama Ibu Kandung Lama"

b. Jika hanya tanggal lahirnya yang salah maka  yang wajib diedit yaitu tanggal lahirnya. Adapun pada kolom "Nama Baru dan Nama Ibu kandung Baru" juga wajib diisi yakni sama dengan yang ada di kolom " Nama Lama dan Nama Ibu kandung Lama"

c. Jika nama dan tanggal lahirnya salah maka...( cukup jelas)

d. Jika nama, tanggal lahir, dan nama ibu kandung siswa,,,semuanya salah ,,,maka ... (cukup jelas)

Setelah edit sudah selesai dan sudah yakin valid, silahkan unggah/upload dokumen perubahan yakni hasil scan AKTE KELAHIRAN siswa yang datanya salah tersebut, kemudian klik "Pengajuan Perubahan"
Pengajuan Perubahan Nama-Tanggal Lahir-Nama Ibu Kandung Siswa di Dapodik Verval PD


5. Silakan cek " Status " dan Lihat Hasilnya
Cek Status Perubahan Edit Data Nama-Tanggal Lahir dan Nama Ibu Kandung Siswa

Status Pengajuan Perubahan Nama, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung Siswa di Website Verval PD Kemdikbud
Status Pengajuan Perubahan Nama, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung Siswa di Website Verval PD Kemdikbud
Pada kolom pertama terlihat status "Menunggu approval dari Dinas", waktu pengajuan: 30/09/2017, dan waktu responnya masih kosong.

Pada kolom nomor kedua terlihat status : Perubahan Nama & Tanggal Lahir Berhasil 
( waktu dari pengajuan sampai direspon terlihat membutuhkan waktu 1 hari, ituuu dulu,,karena     Admin waktu itu mengedit data siswa kelas VI (enam )  TP. 2016/2017,,semoga sekarang ( tahun pelajaran 2017/2018) prosesnya lebih cepat ). Nah, agar respon lebih cepat, sebaiknya kita kordinasikan dengan Operator/Admin Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Adapun setelah Anda mengecek dan mengetahui bahwa pengajuan perubahan  data peserta didik sudah disetujui oleh Admin Dinas, maka sebaiknya Anda segera melakukan sinkronisasi dapodik, dengan tujuan agar data valid peserta didik yang telah Anda rubah di website VerVal PD bisa segera turun masuk ke aplikasi dapodik sekolah Anda. Nah, setelah sinkronisasi dapodik, silakan cek secara berkala untuk memastikan bahwa nama/tanggal lahir/nama ibu kandung siswa sudah masuk di dapodik.

Demikian Cara Mengedit Nama, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung Siswa di Dapodik  dengan Melakukan Verval PD pada Website vervalpd.data.kemdikbud.go.id. Semoga bermanfaat.


© Cara Terbaru Edit Nama, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung Siswa di Dapodik Versi 2018.a dengan Melakukan Verval PD pada Website vervalpd.data.kemdikbud.go.id - Website Pendidikan
BOLEH COPAS ASALKAN SOPAN_Selamat Anda telah berhasil melakukan copy paste tulisan dari Website Pendidikan dengan link sumber: https://www.websitependidikan.com/2014/12/cara-edit-nama-dan-tanggal-lahir-siswa.html

Entri yang Diunggulkan

TRICK CLEAN UP WINDOW 10

  TRICK CLEAN UP WINDOW 10 Antonhehe.blogspot.com Trick 1 Pertama-tama, pergi ke menu Search dan masukan kata kunci "Disk C...