Monday, February 19, 2018

PANDUAN CARA VERVAL PTK / VERVAL NUPTK

PANDUAN CARA VERVAL PTK / VERVAL NUPTK 

tugas operator sekolah selain harus verval data PD untuk verifikasi dan validasi data peserta didik yang telah diinput di aplikasi Dapodik saat ini juga kita harus verval PTK untuk verifikasi dan validasi NUPTK (Nomor Induk Pendidik dan Tenaga Kependidikan) bagi seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang telah diinput di aplikasi Dapodik.

Untuk dapat mengakses halaman ini, Rekan Operator Sekolah harus sudah terdaftar / registrasi di laman SDM PDSP, jadi bagi Rekan-rekan yang telah dapat login pada laman verval PD maka tidak perlu mendaftar kembali, karena sistem yang digunakan untuk login yakni dengan SSO (Single Sign On).

Dengan teknologi Single Sign On (SSO) merupakan sistem teknologi yang mengizinkan pengguna jaringan agar dapat mengakses sumber daya dalam jaringan hanya dengan menggunakan satu akun pengguna saja.

Pada laman verval GTK akan terdapat beberapa kolom di antaranya :

1.   NUPTK : Nomor Induk Pendidik dan Tenaga Kependidikan
2.   NIK : Nomor Induk Kependudukan
3.   Nama Lengkap PTK
4.   Tanggal Lahir PTK   
5.   Tempat Lahir PTK    
6.   Nama Ibu Kandung PTK
7.   Jenis Kelamin PTK   
8.   Agama PTK
9.   Jenis PTK   
10. Status Validasi Data PTK

Berikut panduan cara verval PTK tahun 2016, selengkapnya sebagai berikut :

1.   Klik pada links berikut vervalptk.data.kemdikbud.go.id

2.   Masukkan username dan password seperti yang Anda gunakan untuk login pada verval PD (akun yang sudah terdaftar di SDM PDSP, lalu klik pada “Login”.

3.   Selanjutnya klik pada tab “Pengelolaan” lalu klik pada pilihan pada menu dropdown, pilih “Perbaikan Data Master”.

4.   Perbaiki data PTK yang diperlukan seperti Nama PTK, Tanggal Lahir PTK, Tempat Lahir PTK, NIK, Jenis Kelamin, maupun Nama Ibu Kandung PTK. Setelah perbaikan dilakukan, silahkan lampirkan dokumen yang diperlukan yang menjadi pendukung perubahan :
a.   Kartu Keluarga
b.   Akte Kelahiran
c.   Buku Nikah
d.   KTP
e.   Ijazah

5.   Setelah perbaikan ataupun photo PTK telah dipilih silahkan klik pada "Upload Dokumen", selanjutnya akan muncul tampilan konfirmasi, Anda yakin akan mengubah data?, pilih “OK”.

6.   Tunggu proses upload data hingga selesai.

7.   Untuk upload photo, setelah proses upload selesai, maka photo PTK akan langsung tampil, sedangkan untuk edit / memperbaiki data PTK ada jeda waktu persetujuan, untuk cek status perbaikan data PTK silahkan klik pada menu dropdown pada “Pengelolaan” selanjutnya pilih “Status Perbaikan Data Master”.

8.   Selesai.

Untuk selanjutnya kita dapat mengetahui beberapa hal penting terkait NUPTK bagi salah satu atau beberapa PTK yang telah memenuhi kriteria dan syarat untuk mendapatkan NUPTK pada beberapa bagian data pada tab “NUPTK”, di antaranya daftar PTK :
1.   Calon Penerima NUPTK
2.   Status Penerima NUPTK
3.   Pengajuan Penutupan (khusus bagi PTK yang sudah memiliki NUPTK) setelah data PTK dipastikan benar-benar valid.

Sunday, February 11, 2018

Cara Mengisi Kehadiran Guru DHGTK Online 2018

Cara Mengisi Kehadiran Guru DHGTK Online 2018

tambahan :

[22:41, 7/9/2018] anton_hehe: stelah gw pahami dan teliti : by anton hehe
jadi : berhubung template nya hanya berlaku di smester 2018.1 maka mengisi absen nya juga di smester 2018.1, bulan nya pilih april mei juni,
jikalau isi di smester 2017.2 maka akan di bilang alfa di karenakan template nya hanya berlaku di smester 2018.1,  intinya isi tempalate, kerjakan yg semseter 2018.1, kunci di smester 2018.1 bulan tetap(april mei juni) insyaAllah akan muncul libur nya dan tidak di anggap alfa, hehe, goodluck, sukses selalu, jangan lupa ngopi, hehe,
[22:42, 7/9/2018] anton_hehe: kritik dan saran membangun sangat d harapkan, hehe
hal di atas berlaku karena info gtk juga akan membaca TK (tanpa kehadiran jika isi di 2017.2)

Cara Mengisi Kehadiran Guru DHGTK Online 2018 - Halo sobat websiteedukasi.com, pada postingan ini saya akan berbagi tutorial Cara Mengisi Kehadiran Guru DHGTK Online 2018. DHGTK merupakan aplikasi kehadiran Guru / absensi guru secara online. Aplikasi D.H.GTK berbasisi website untuk dapat mengaksesnya melalui laman http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id .

Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan dilakukan secara online baik itu di sekolah negeri dan swasta. Pengisian absen atau kehadiran guru online setiap hari berdasarkan keaktifan yang di centang dari aplikasi dapodik dan dapat juga dilakukan mingguan atau bulanan. Untuk menginput kehadiran guru kedalam sistem, ada dua user yang dapat digunakan sebagai akses kedalam sistem yakni;
  1. user id kepala sekolah
  2. user id operator dapodik.
Perlu sobat websiteedukasi.com ketahui, kedua user id tersebut terupdate datanya secara langsung dari data dapodik, baik itu dari Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud. untuk melakukan perubahan userid dan password dilakukan melalui aplikasi dapodik disekolah masing-masing, setelah melakukan perubahan userid dan password yang dilakukan melalui aplikasi dapodik akan terakomodir di Sistem Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan setelah dilakukan syncron. Data pengguna akan terupdate di sistem DHGTK setelah 2 hari berhasil syncron.

Beriku ini Peran & tanggung jawab dari petugas absen :
  • Segera melaksanakan tugas yang diberikan kepala sekolah sesuai dengan surat tugas yang diberikan
  • Mengisi daftar hadir GTK setiap hari dengan asas Kejujuran dan tanggung jawab
  • Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kepala sekolah dan GTK terkait proses pelaksanaan pengisin DHGTK
  • Memberikan laporan kepada kepala sekolah terkait dengan proses pelaksanaan dan pengisisn DHGTK
Bagi Bapak/Ibu Kepala sekolah dan Operator sekolah yang belum mengetahui cara mengisi absen guru online (DHGTK), Anda bisa ikuti panduannya dibawah ini.

Cara Mengirisi Absen Guru Online (DHGTK) 2018

1. Buka komputer/laptop dan koneksiakn kejaringan internet.

2. Selanjutnya, buka browser internet dan kemudian kunjungi halaman DHGTK melalui link berikut;
  • http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/
  • http://223.27.144.196 (berhasil bisa edit)
  • http://223.27.144.195:2017/index.php
  • 1. hadir.gtk.kemdikbud.go.id
  • 2. http://223.27.144.195:2017
  • 3. http://223.27.144.195:7000
  • 4. http://118.98.166.188/index.php
  • 5. http://223.27.144.195:212
  • 6. http://223.27.144.195:414
  • 7. http://223.27.153.195
  • 8. http://223.27.144.196
3. Setelah berhasil diakses, maka akan menemukan tampilan seperti gambar di bawah ini. Lalu Kepala Sekolah / Operator sekolah segera melakukan login dengan cara mengklik “LOGIN SEKOLAH”


4.Setelah lama terbuka, pada form login sim kehadiran guru user id Anda isikan username dapodik sekolah Anda, begitu pula dengan password. berikutnya kode captcha, lalu tekan tombol login seperti penampakan gambar dibawah ini.


5. Pada laman beranda aplikasi sim data kehadiran guru. Klik menu "Kehadiran" maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.


6. Apabila daftar hadir guru belum muncul klik menu "buat daftar hadir" dan jika masih belum muncul juga klik tombol refresh. sehingga ini tampilan absen semester 2 tahun pelajaran 2017/2018.


7. Cara pengisian daftar kehadiran guru pada aplikasi sim tersebut, silakan Anda contreng setiap hari sesuai tanggal kehadiran guru. Apabila ada guru yang sakit, izin atau dinas luar silakan klik menu data guru, kemudian pilih guru yang sakit pada hari tersebut lalu klik tombol "input surat izin/dinas luar/sakit"


8. Pada menu input surat izin, silakan Anda isikan nomor surat izin, perihal surat, tanggal surat izin, ditandatangani kepala sekolah, NIP, jabatan, jenis izin silakan pilih, kemudian klik tombol "simpan"

Setelah pengisian data kehadiran guru selesai, jangan lupa klik tombol simpan agar laporan data kehadiran guru sekolah Anda berhasil di simpan di server pusat.

Selengkapnya, silahkan anda unduh Panduan DGHTK Data Kehadiran Guru Online melalui tautan dibawah ini;

Panduan DGHTK Data Kehadiran Guru.pdf, Unduh File

Demikian Cara Mengisi Absensi Kehadiran Guru DHGTK Online 2018 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.


Cara Mengunci DHGTK dan Cetak SPTJM Absen Online

Aplikasi DHGTK 2018 dirancang Kembdikbud secara online untuk mengisi absen kehadiran guru, baik induk maupun non induk. Pada aplikasi sim kehadiran guru ini terdapat dua akses yakni akses sebagai Petugas Absensi / Operator dan akses KepalaSekolah (Berguna untuk mengunci DHGTK dan Cetak SPTJM). Karenanya perlu juga panduan Cara Cara Mengunci DHGTK dan Cetak SPTJM Absen Online.
Panduan Resmi Aplikasi DHGTK / Absen Online.pdf
Sebelum membahas lebih jauh, perlu dipahami peran dan tangggung jawab KS di Aplikasi DHGTK berikut ini:
  1. Mengalokasikan pembiayaan (dana BOS) untuk pelaksanaan DHGTK karena dilaksanakan secara full online
  2. Menunjuk petugas khusus DHGTK untuk melaksanakan pengerjaan absen online, bisa operator ataupun GTK dengan membuat surat penugasan ditandatangani kepala sekolah. Contoh SK DHGTK.
  3. Melakukan sosialisasi kepada GTK terkait adanya absen online (DHGTK) yang berkaitan langsung dengan validitas pemberi tunjangan profesi guru.
  4. Mencetak SPJTM untuk mengunci kehadiran GTK setiap bulan atau tiga bulan sekali
  5. Melaksanakan pengisian Aplikasi SIM Kehadiran Guru dengan sebenar-benarnya dan menjungjung tinggi kejujuran / integritas.
  6. Memantau serta mengevaluasi petugas absen online (DHGTK) setiap hari
Login Aplikasi DHGTK
Aplikasi DHGTK Online
Merujuk pada tugas dan tanggungjawabnya maka Kepala Sekolah perlu juga untuk aktif login aplikasi DHGTK, salah satunya adalah mencetak SPJTM karena menu ini tidak tersedia pada login petugas absen / Operator.

Cara Login DHGTK Kepala Sekolah

Pada Dasarnya Login KS serupa namun tak sama dengan login operator di DHGTK. Login Operator / Petugas absensi bisa dibaca pada Cara Mengisi Absen Online DHGTK Kemdikbud. Siapkan kesabaran dan browser yang direkomendasikan yakni menggunakan Google Chrome. Kesabaran sangat diperlukan karena terkadang aplikasi dhgtk sulit diakses atau lambat walaupun jaringan internet lancar.

Laman DHGTK yang digunakan adalah sebagai berikut, ada satu laman utama dan lima link alternatif DHGTK (link Mirror) coba satu-satu untuk mendapatkan link yang tidak padat pengunjung:
Baca: 7 Link Alternatif Login DHGTK 2018
  1. http://223.27.144.195:2017/
  2. http://223.27.144.195:7000/
  3. http://223.27.144.195:414/
  4. http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/
  5. http://223.27.144.195:212/
  6. http://118.98.166.188/
Setelah berhasil menuju alamat di atas maka akan menemukan tampilan seperti gambar di bawah ini. selanjutnya segera melakukan login dengan cara memilih “LOGIN SEKOLAH”

Pada saat akan Login isi secara benar data seperti; NPSN, userid dan password KS yang sudah terinput di Dapodik.

Masukan kode yang tampil pada layar lalu pilih login, Setelah berhasil login maka pada Menu Beranda tedapat sub menu:
  • Profil Sekolah
  • Kunci dan Buat SPTJM
  • Data Pengguna

Mengunci DHGTK dan Cetak SPTJM

Kepala sekolah dengan operator atau petugas absen haruslah berkoordinasi terkait pengisian absen DHGTK untuk menghindari kesalahan. Terkait penguncian absen ini perlu dipahami bahwa mengunci Kehadiran dapat dilakukan bulana atau triwulanan, artinya jangan terburu-buru mengunci. Pastikan data sudah FIX baru dikunci.
  1. Pilihlan menu Kehadiran, maka akan muncul Sub menu Cetak SPTJM. (Perhatikan menu sebelah kiri dengan tulisan "Kunci dan Buat SPTJM"
  2. Pilihlah menu tersebut jika akan mencetak Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)
  3. Setelah muncul SPTJM maka wajib menentukan  pilihan untuk mengunci daftar hadir pada bulan yang telah dilaksanakan/dilalui. Harap memastikan bulan yang akan dikunci, jangan sampai salah mengunci bulannya. Bagi yang terlanjur salah mengunci, khusus terjadi penguncian pada bulan berjalan maka sistem akan membuka kuncian pada sekitar jam 4 sore.
  4. Centang Kotak dialog sebelah kiri dengan tulisan saya setuju dan pada kunci daftar hadir
  5. Dengan begitu maka secara otomatis absen bulan tersebut sudah terkunci dan tidak bisa di isi kembali (diperbaiki), kecuali menghubungi admin DHGTK Pusat.
  6. Jika sudah mengunci Daftar Hadir  maka jangan lupa Simpan dan refresh.
  7. Silahkan Cetak SPTJM denga cara memilih menu CETAK PDF
Mengunci DHGTK
Pilih Bulan Baru Kunci Absen
Setelah dicetak simpan baik-baik sebagai bukti pengisian absensi disekolah masing-masing, juga sebagai arsip apabila sewaktu-waktu diminta oleh dinas pendidikan setempat.

Demikian panduan Cara Mengunci DHGTK dan Cetak SPTJM Absen Online, Baca juga Cara Membuat Kalender Sekolah di DHGTK. Semoga aplikasi ini dapat membuat pendidikan kita semakin baik lagi.

Thursday, February 8, 2018

Cara Mengatasi Tab Browser Terbuka Otomatis Karena Virus Malware

Pernah mengalami browser tiba-tiba membuat tab baru secara otomatis? hal ini disebabkan karena browser yang sering kita pakai terkena virus malware. virus malware ini menyebar melalui internet dan menyerang browser yang sering kita gunakan di komputer, tanpa kita sadari virus inipun bisa datang karena kita mendownload aplikasi ataupun lain-lain. Ciri-ciri browser yang terkena virus ini akan membuka tab baru yang tidak kita inginkan secara otomatis, hal ini tentu akan mengganggu aktivitas kita dan akan membuat kita kesal.
Tidak hanya membuka tab baru pada browser ternyata virus malware ini juga akan menghabiskan kuota internet kita tanpa kita sadari.
Virus malware ini termasuk virus yang sangat bandel karena meskipun browser kita menggunakan ADblock virus ini tidak akan mempan di basmi dan tetap bisa menembus ADblock yang kita gunakan di browser. Salah satu cara untuk membasmi virus malware ini yaitu dengan menggunakan aplikasi AdwCleaner.
AdwCleaner ini adalah aplikasi yang terbukti mampu menghapus seluruh virus malware yang ada pada browser di komputer. Berikut tutorial cara menghapus virus malware pada browser dengan menggunakan aplikasi AdwCleaner :
1. Buka Aplikasi AdwCleaner yang telah di download (perhatikan saat membuka aplikasi ini diharapkan seluruh browser dalam keadaan tertutup).
2. klik scan pada aplikasi AdwCleaner tersebut.
3. Tunggu hingga aplikasi AdwCleaner selesai melakukan scanning.
4. Setelah selesai, centang pada browser yang dicurigai terkena virus malware, kemudian klik Clean dan biarkan AdwCleaner melakukan penghapusan virus malware yang ada pada browser.
5. kemudian akan muncul peringatan,klik ok dan lakukan restart pada komputer.
6. Setelah restart coba buka kembali browser dan hasilnya browser yang tadinya sering membuka tab sendiri karena virus malware sekarang sudah kembali normal.

Tuesday, February 6, 2018

Guru PAUD Ingin Ajukan NUPTK? Sekarang Sudah Bisa Lho

sehat selalu bro n sis, hehe

Dapodikpaudni
 - Bagaimana perasaanmu Guru PAUD baru ataupun yang sudah lama belum punya NUPTK sekarang bisa ajukan NUPTK secara mandiri lewat Operator Sekolah?

Sesuai dengan Surat Edaran Ditjen GTK Nomor 14652/B.B2/PR/2015 Tahun 2015 Tentang Penerbitan NUPTK bagi Guru dan Tenaga Kependidikan pada satuan pendidikan formal dan non formal di Tahun 2016.

NUPTK diberikan kepada seluruh GTK baik PNS maupun Non-PNS yang memenuhi persyaratan dan ketentuan sesuai dengan surat Direktur Jenderal GTK sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan.

Nah...kebanyakan Guru PAUD berasal dari sekolah swasta. Akan lebih mudah dalam pengajuan NUPTKnya.

Ingin mengusulkan NUPTK? Syaratnya hanya ada dua, sayangi operator sekolah anda dan ikuti langkah berikut ini.

Cara Mengusulkan NUPTK Guru PAUD

1. Login melalui operator sekolah pada link :     http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id



2. Klik menu “NUPTK”
3. Klik menu “Calon Penerima NUPTK”


4. Pilih PTK untuk diupload dokumen pendukungnya
5. Pilih tombol “Upload Dokumen



6. Upload Scan KTP
7. Upoad SK PNS/CPNS, SK Bupati/Walikota/Gubernur, SK Yayasan
8. Upload ijazah SD
9. Upload ijazah SMP
10. Upload ijazah SMA
11. Upload ijazah S1
12. Pilih tombol “Upload Dokumen”

Semoga artikel ini membantu, hehe

Entri yang Diunggulkan

TRICK CLEAN UP WINDOW 10

  TRICK CLEAN UP WINDOW 10 Antonhehe.blogspot.com Trick 1 Pertama-tama, pergi ke menu Search dan masukan kata kunci "Disk C...