Tuesday, January 16, 2018

Fender Telecaster


Standard Telecaster® 0145102332.png

 Salah satu dari perusahaan pembuat gitar yang paling populer dan juga memberikan kontribusi yang sangat berpengaruh di dunia musik modern adalah gitar Fender. Dengan di populerkannya gitar elektronik berbadan padat, bass, dan amplifiers, Fender membantu band-band kecil untuk lebih terdengar di panggung yang lebih besar ketimbang menggunakan peralatan akustik. Dengan gitarnya yang revolusioner, Fender juga memberikan rasa lebih dalam dunia musik dan mempengaruhi banyak aliran musik termasuk rock, jazz, blues dan lain lain.

Leo Fender, yang merupakan penemu dari gitar fender, membuat gitar berbadan padat pertama kali pada tahun 1951 dan diberi nama “Broadcaster”. Yang di kemudian hari nama tersebut digantikan oleh “Telecaster or Tele” dan merupakan gitar berbadan padat gaya spanyol yang pertama kali di produksi secara masal.

Pencetak sejarah lain di sejarah gitar terjadi di tahun yang sama pada saat fender memperkenalkan “precision bass”. “Precision bass” berbeda dari gitar bass biasa pada waktunya karena “precision bass” memiliki fungsi yang portable, kamu dapat memainkannya seperti gitar dan juga dapat di amplifikasikan. “Double Bass atau Upright Bass” yang dahulu digunakan sangat sulit untuk di transportasikan dan seringkali sulit untuk didengar karena suaranya tenggelam oleh alat musik lain.

Pada tahun 1954, fender keluar dengan “Stratocaster atau Strat”. Fender mengadakan riset dengan bertanya kepada gitaris profesional dan staff gitar fender, kemudian bertanya “apa yang anda mau dari gitar?” sehingga dia dapat memperbaiki gitar fender “Telecaster”. Namun mereka berakhir dengan memproduksi gitar kelas atas yang berjalan berdampingan dengan “Tele”. Beberapa karakteristik utama dari “Strat” adalah adanya tambahan single coil pickup dan desain badan double cutaway yang memudahkan gitar tersebut dimainkan di nada-nada tinggi. Salah satu tambahan penting pada “Strat” adalah tremolo bridge, yang pada awalnya berfungsi sebagai alat untuk membelokan senar sehingga dapat mengimitasi suara pada pedal besi gitar.

Fender juga memperkenalkan banyak model lain di dekade selanjutnya termasuk Jaguar, Jazzmaster, dan Jazz Bass. Fender juga memproduksi Twin Reverb amplifier pada waktu itu.

Dikarenakan oleh kurangnya kesehatan Leo Fender, perusahaan gitar fender dijual kebada CBS di tahun 1965. Walaupun perusahaan gitar fender melanjutkan perkembangannya di pemilik yang baru di tahun tahun selanjutnya, perusahaan tersebut menyadari pentingnya managemen yang mengerti musik dan musisi. Hal ini yang menyebabkan perusahaan gitar fender mempekerjakan William Schultz di tahun 1981.

Pada tahun 1985, CBS memutuskan untuk menjual semua bisnis medianya termasuk fender. Sekelompok investor dan staff dari perusahaan gitar fender membeli perusahaan ini dan menempatkan Willian Schultz di posisi pemimpin. Dengan termasuknya orang yang memiliki passion dalam bidang gitar sebagai pemilik perusahaan, seperti staff dari perusahaan itu sendiri, perusahaan gitar fender menjadi semakin baik.

Tahun 1987 menandakan tahun dimana Fender Custom Shop buka untuk pertama kalinya yang berlokasi di Corona, California dimana mereka membuat gitar kustom untuk para profesional dan para antusias gitar. Custom Shop ini jelas merupakan langkah dari fender karena mereka selalu memiliki pengertian akan pentingnya memberikan tepat apa yang diinginkan oleh pelanggan.

Fender masih terus berpikir untuk hari ini dan seterusnya untuk memberikan gitar fender terbaik yang dapat mereka buat kepada para pelanggannya. Ini yang menjadikan alasan untuk perusahaan gitar fender merupakan salah satu dari gitar yang paling terkenal yang tercatat dalam sejarah. Beberapa dari tokoh pemain gitar yang mencintai gitar fender mereka adalah Buddy Guy, Eric Clapton, Eric Johnson, George Harrison, Jeff Beck, Jimi Hendrix, Jimmy Page, John 5, John Lennon, Keith Richards, Pete Townshend, Richie Kotzen, Stevie Ray Vaughn dan Yngwie Malmsteen.

Cara Cek Info GTK di SIM PKB Tahun Ajaran 2017/2018 untuk SD, SMP, SMA/SMK

Cara Cek Info GTK di SIM PKB Tahun Ajaran 2017/2018 untuk SD, SMP, SMA/SMK.

 Bagi Bapak Ibu Guru yang telah disertifikasi maka tunjangan yang akan diterima selalu bergantung dengan cek data dapodik yang sudah sinkronisasi oleh operator masing-masing sekolah.

Jka meninjau kembali cara pengecekan info ptk 2017 atau info gtk 2017 semester 2 yakni semester genap 2016/2017 maka kebanyak dari guru-guru mengakses halaman info.gtk.kemendikbud.go.id 20171 atau melalui beberapa link alternatif cek info ptk 223.27 144.195 8082

Tetapi bapak/ibu guru yang akan mengetahui cek data dapodik yang sudah sinkronisasi link tersebut sudah sulit untuk di akses kembali. Hal ini terjadi karena beberapa kebijakan dari ditjen kemdikbud yang sudah mengalami perubahan.

Beberapa pekan sebelum penutupan data dapodik tahun ajaran 2016/2017 semester genap beredar informasi bahwa  info gtk 2017 akan dapat diakses oleh guru-guru apabila telah mengikuti Pretest UKG 2017.

Cek Info GTK 2017 di SIM PKB

Guru yang telah memperoleh tunjangan sertifikasi, harus berusaha agar data di dapodik telah linear dan tidak invalid. Kejadian ini banyak sekali terjadi walaupun jam mengajar sudah sesuai standar 24 jam tetapi banyak guru-guru yang data dapodik mengalami masalah. Keresahan ini dapat dilihat jika bapak/ibu guru mengecek langsung letak kesalahan data info ptk 2017 untuk tahun ajaran baru ini.

Apabila data sertifikasi bermasalah di dapodik maka dinas akan menerbitkan SKTP guru. cara cek sktp 2017 biasanya data telah valid dan tidak mengalami kekurangan jam sertifikasi bidang studi pada server dapodik. SKTP sendiri merupakan kepanjangan dari Surat Keputusan Tunjangan Profesi yang menjadi syarat pencairan dana sertikasi bapak/ibu guru.

Agar dapat mengecek kembali info guru terbaru mengenai data sertifikasi, semua guru harus memiliki akun sim pkb guru. Setelah mempunyai akun sim pkb guru harus mengikuti Pretest UKG 2017 agar dapat mengetahui pencapaian masing-masing guru tersebut.

Berdasarkan info guru terbaru, Pengecekan SKTP ataupun Cek SK Tunjangan untuk tahun 2017 sampai 2018, hanya dapat dilakukan dan diakses melalui portal resmi app.sim pkb. Oleh Sebab itu, anda harus mengikuti semua prosedur yang telah di instruksi pada sim pkb guru.

Jika anda telah memiliki akun, silakan untuk sering-sering mengecek data anda dengan  login sim pkb yang telah anda miliki agar bisa mengetahui informasi terkini seputar cek sktp 2017.

Setelah mengikuti Pretest dan data anda telah di input oleh operator sekolah, cek data dapodik yang sudah sinkronisasi tersebut pada aplikasi simpkb apakah sudah valid atau masih invalid. Jika belum segera menghubungi kembali operator untuk memperbaiki kekurangan jam mengajar anda.

Cara cek info gtk di SIMPKB 2017

Laman info gtk Dikmen biasanya digunakan bagi PTK atau Pendidik yang ingin mengetahui cek data dapodik yang sudah sinkronisasi. Pada halaman ini akan kita ketahui Jumlah Jam Memgajar, tugas tambahan guru serta biodata PTK bersangkutan. Laman Info PTK Dikmen diperuntuhkan bagi Guru-Guru tingkat SMA/SMK.

Pada saat ini para pendidikan dapat memantau info sertifikasi guru terbaru melalui aplikasi simpkb. Adapun cara untuk dapat mengecek info PTK 2017, berikut ini kami bagikan langkah yang anda dapat lakukan yakni:

Cara I: Login dari Ketua Komunitas


cek info gtk di simpkb

1. Login terlebih dahulu akun ketua komunitas untuk masing-masing bidang studi di halaman sim pkb 2017 https://apps.simpkb.id


cek info gtk di simpkb

2. klik data GTK. 



cek info gtk di simpkb

3 .ketik nama anggota komunitas bidang studi pada kolom yang sudah tersedia. Kemudian klik tanda titik tiga


cek info gtk di simpkb

4. Setelah itu klik info gtk


cek info gtk di simpkb

5. Apabila berhasil maka akan tampil detik profil PTK

Cara II: Login dari Akun aplikasi sim-pkb


cek info gtk di simpkb

1. Login melalui akun anda di sim pkb 2017 https://apps.simpkb.id



cek info gtk di simpkb

2. Setelah anda berhasil login sim pkb guru pembelajar akan tampil dasboard aplikasi sim-pkb seperti di atas.


cek info gtk di simpkb

3. Tutup Popup yang muncul dengan menekan tombol OK. Gulir menu yang muncul kebawah dan Anda cari menu "Fitur Lain untuk Anda". Kemudian Klik Layanan Info GTK.

4. Apabila berhasil maka akan muncul tampilan untuk cek data dapodik yang sudah sinkronisasi oleh operator. Data yang belum tampil bisa saja masih dalam proses sinkronisasi sehingga kebanyakan masih invalid.


cek info gtk di simpkb

5. Banyak informasi yang anda dapat peroleh pada menu tampilan ini. Anda bisa mengarahkan kursor ke bawah seperti gambar berikut:



cek info gtk di simpkb


Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar Cara Cek Info GTK di SIM PKB Tahun Ajaran 2017/2018 untuk tingkat SD, SMP, SMA/SMK. semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Thursday, January 11, 2018

Cara Mengatasi Nilai Suatu Mapel Tidak Muncul di Cetak Rapor di Aplikasi e-Rapor SMP

Cara Mengatasi Nilai Suatu Mapel Tidak Muncul di Cetak Rapor di Aplikasi e-Rapor SMP

Pada dasarnya tujuan pemerintah dalam hal ini adalah Kemendikbud RI meluncurkan produk aplikasi penilaian berupa aplikasi e-Rapor yang bersifat nasional untuk jenjang SMP adalah untuk mempermudah penilaian oleh guru.

Namun kenyataan dilapangan masih jauh dari ekspektasi yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari berbagai permasalahan yang timbul dalam pengerjaan penilaian menggunakan aplikasi e-Rapor. Dimulai dari pemasalahan non teknis hingga yang bersifat teknis.

Salah satu permasalahan yang timbul pada pengerjaan aplikasi e-Rapor adalah nilai suatu mapel tidak muncul di cetak rapor. Tentu hal ini membuat deg-deg an bagi administrator. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ada beberapa sebab yang mendasari mengapa nilai mata pelajaran tertentu tidak mau muncul di cetak rapor.

Pertama, mata pelajaran yang nilainya tidak mau muncul tersebut kemungkinan belum terpetakan pada mapping mata pelajaran. Kedua, bisa saja disebabkan karena KKM dan interval predikat mapel tersebut belum dibuat dan disimpan. Yang ketiga inilah yang bikin nyesek, entah karena belum sempat karena belum selesai atau alasan lainnya, guru mata pelajaran belum melakukan proses kirim nilai akhir. Ya jelas lah, lah wong nilai belum dikirim kok, mana bisa muncul di cetak rapor.

Untuk mengatasai permasalahan tersebut, ada baiknya membaca dengan seksama cara mengatasi nilai suatu mata pelajaran yang tidak muncul di cetak e-Rapor SMP.

  1. Pastikan bahwa mata pelajaran tersebut telah terpetakan pada “Mapping Mata Pelajaran” , Admin dapat meninjau kembali pada menu “Referensi Data Lokal>>Mapping Mapel”.
  2. Pastikan bahwa KKM dan interval predikat mata pelajaran tersebut telah di buat oleh Admin.
  3. Admin dapat meninjau kembali pada menu “Referensi Data Lokal>>Data KKM Mata Pelajaran”. Kemudian tinjau pula “Referensi Data Lokal>>Data Interval Predikat”.
  4. Pastikan guru mata pelajaran telah melakukan proses “Kirim Nilai Akhir”. Admin dapat memantau ini pada menu “Hasil Pengolahan Nilai>>Status Penilaian”.
  5. Kotak warna hijau pada kolom status “ KirimNilai”, menunjukkan guru telah mengirim nilai akhir. Jika masih berarti merah, berarti guru tersebut belum mengirimkan nilai akhir. Selanjutnya wali kelas dapat berkoordinasi dengan mata pelajaran yang bersangkutan.

Status Penilaian Oleh Guru
Harus ada hubungan dan koordinasi yang baik antara administrator, guru mata pelajaran dan wali kelas sehingga permasalahan tersebut dalam dihindari sejak awal.

Related Posts:

Wednesday, January 10, 2018

Cara Memperbaiki NUPTK Invalid Verval PTK

Cara Memperbaiki NUPTK Invalid Verval PTK

JIka operator sekolah menemukan Invalid NUPTK pada nama PTK atau NUPTK Duplikat atau ganda, hal ini menjadi harus diperbaiki berikut akan kami uraikan beberapa langkang dalam mengatasi NUPTK Invalid dan Duplikat.

Solusi mengatasi Invalid NUPTK, Cek dulu kevalidannya baca klik Cara Periksa Keaktifan NUPTK, Cara Mengatasi NUPTK Invalid Dan Ganda Pada Verval PTK

Pastikan pada aplikasi dapodik sudah dicek seperti dibawah ini :

  1. 1. Pada menu Penugasan PTK sudah dipilih Sekolah Induk (Ya);
  2. 2. Sudah dimapping pada Rombel pembelajaran;
  3. 3. Jika sudah diperbaiki lakukan sync, tunggu 1x24jam;
  4. 4. Jika karena salah entri NUPTK di dapodik, operator sekolah tinggal tunggu/pantau saja di vervalGTK, admin PDSPK akan melakukan verval yang hasilnya :

a. jika datanya ditemukan di arsip status invalidnya akan berubah jadi valid dan NUPTKnya terupdate;
b. jika datanya tidak ditemukan di arsip, nanti dijadikan kandidat penerima NUPTK(muncul dimenu Calon Penerima NUPTK). Yang kemarin terlanjur/belum(sama saja) entri Peg Id masuk poin ini. 
Baca juga Cara Verval PTK Upload Dokumen usul NUPTK

Jika yang terjadi NUPTK Duplikat atau Ganda

Cara mengatasi NUPTK ganda menurut admin PDSPK Aryadi Nugroho diselesaikan di Disdik Kab/Kota setempat (penentuan sekolah induk, karena tercatat lebih dari 1 sekolah, upload SK Satminkal/Penugasan Induk), admin dinas yang eksekusi.

CARA INPUT DAFTAR KEHADIRAN GTK PADA LAMAN http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id TAHUN 2017

CARA INPUT DAFTAR KEHADIRAN GTK PADA LAMAN http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id TAHUN 2017


Aplikasi Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan atau D.H.G.T.K tahun 2017 sudah bisa dipergunakan untuk memonitor kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan disekolah. Aplikasi ini terkoneksi langsung dengan data Dapodik versi 2018, sehingga bagi sekolah yang hendak menginputkan daftar hadir Guru dan Tenaga Kependidikannya harus melakukan sinkronisasi terlebih dahulu aplikasi Dapodik versi 2018 tersebut.
 Lalu bagaimanakah caranya menginputkan daftar kehadiran guru dan tenaga kependidikan pada aplikasi tersebut? Berikut kami share panduan input daftar kehadiran GTK pada laman  http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id:
  • Siapkan perangkat komputer atau laptop yang terkoneksi dengan jaringan. Hal ini diperlukan karena sistem aplikasi D.H.G.T.K hanya bisa dijalankan jika kondisinya perangkatnya terkoneksi dengan jaringan atau online.
  • Langkah kedua yang harus dilakukan adalah silahkan kunjungi link http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id untuk menampilkan bagian halaman aplikasi D.H.G.T.K. Anda dapat menggunakan berbagai browser sebagai media untuk membuka laman seperti chrome dan mozilla.
  • Langkah berikutnya adalah silahkan anda login aplikasi dengan menggunakan user dan pasword dapodik serta tidak lupa masukkan kode yang tertulis pada gambar yang tampil pada laman tersebut. Perhatikan langkah pada gambar berikut: 


 Keterangan Gambar:
  1. Silahkan inputkan user dapodik anda
  2. Silahkan inputkan pasword dapodik anda
  3. Masukkan kode yang tertulis pada gambar diatas. 
  • Setelah anda berhasil login, maka anda akan menjumpai halaman beranda aplikasi D.H.G.T.K. Pada halaman ini anda hanya menjumpai data profil sekolah, data pengguna, serta diagram kehadiran guru baik dalam satu bulan berjalan maupun diagram kehadiran guru dalam beberapa bulan. Berikut ini kami contohkan halaman beranda dari D.H.G.T.K:

Keterangan Gambar:
  1. Gambar yang ditunjukkan pada nomor satu merupakan gambar yang menampilkan profil sekolah.
  2. Gambar yang ditunjukkan pada nomor dua merupakan gambar yang menampilkan profil data pengguna.
  3. Gambar yang ditunjukkan pada nomor tiga merupakan gambar yang menampilkan diagram kehadiran guru dalam satu bulan berjalan dan,
  4. Gambar yang ditunjukkan pada nomor empat merupakan gambar yang menampilkan diagram data kehadiran guru dalam beberapa bulan
  • Langkah berikutnya adalah silahkan anda klik menu kehadiran yang terletak di sebelah kanan beranda. Pada menu kehadiran, anda akan disajikan sebuah notifikiasi yang tertulis " Anda belum memiliki kalender sekolah. Anda dapat menggunakan template kalender pendidikan yang ada dan disesuaikan dengan kalender sekolah. Klik tombol biru (ok) jika anda ingin menggunakannya, klik tombol merah (ok) jika anda tidak mau menggunakannya. Template ini akan selalu keluar, selama anda belum memiliki kalender sekolah". Dalam hal ini sebaiknya anda mengubah format kalender pendidikan seuai dengan kalender pendidikan sekolah. Untuk mengubah template kalender, anda dapat menggunakan menu yang terletak dibawahnya yaitu menu tambah baru, menu hapus semua dan menu show template.


Keterangan Gambar:
  1. Untuk membuat template baru, silahkan klik menu tambah baru
  2. Untuk menghapus semua template yang disediakan, maka klik hapus semua. Untuk sementara ini, menu ini belum berfungsi dengan baik, sehingga ketika kita klik hapus semua, template bawaan masih tampil dihalaman. Solusinya adalah hapus template satu persatu dengan memilik template lalu klik hapus.
  3. Untuk menampilkan template yang sudah dibuat, maka silahkan anda klik show template.
Lalu bagaimana membuat template baru? berikut ini juga kami sajikan cara membuat template baru pada laman D.H.G.T.K tahun 2017:
  • Persiapkan data kalender pendidikan sekolah anda.
  • Klik menu tambah baru yang terletak dibagian bawah menu kehadiran
  • Setelah anda menjumpai form isian tambah kalender, anda diminta memilih jenis libur, lalu inputkan mulai tanggal libur dan sampai tanggal libur. Anda juga dapat menambahkan keterangan jenis libur dibagian form isian keterangan, lalu klik simpan dan ok!. Berikut ini adalah contoh tambah kalender berdasarkan kalender pendidikan yang sekolah kami miliki:
a. Libur semester satu

b. Libur akhir tahun

c. Libur Nasional
  • Libur Nasional dalam Rangka HUT-RI

  • Libur Hari Besar Agama dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1438H


  • Libur Hari Besar Agama dalam Rangka Tahun Baru Islam 1439H


  • Iibur Hari Besar Agama dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW


  • Libur Hari Besar Agama dalam Rangka Hari Raya Natal 

  • Libur Cuti Bersama


Gambar yang ditampilkan diatas adalah contoh template kalender sekolah yang sudah kami ubah berdasarkan kalender pendidikan yang kami miliki, anda dapat meneruskannya hingga satu tahun pembelajaran penuh. Caranya sama yaitu hanya klik tambah baru, lalu pilih jenis libur, mulai tanggal, sampai tanggal lalu keterangan dan jangan lupa untuk disimpan. Setelah terbentuk template Kalendernya, maka anda tidak lagi melihat notifikasi kalender Anda belum memiliki kalender sekolah. Anda dapat menggunakan template kalender pendidikan yang ada dan disesuaikan dengan kalender sekolah. Klik tombol biru (ok) jika anda ingin menggunakannya, klik tombol merah (ok) jika anda tidak mau menggunakannya. Template ini akan selalu keluar, selama anda belum memiliki kalender sekolah". Anda akan melihat tampilan template kalender yang sudah anda buat seperti gambar berikut:
  • Langkah berikutnya setelah anda selesai membuat template kalender, silahkan anda inputkan daftar kehadirannya dengan cara pilih semester, pilih nama PTKlalu checklist apabila PTK tersebut hadir dan unchecklist apabila PTK tersebut tidak hadir. 

keterangan gambar:
1. Pada gambar yang ditunjukkan  nomor satu, silahkan pilih semester
2. Pada gambar yang ditunjukkan  nomor dua, silahkan anda pilih bulan sekarang
3. Pada gambar yang ditunjukkan nomor tiga, silahkan pilih nama PTK yang akan diceklist data kehadirannya
4. Pada gambar yang ditunjukkan nomor empat, silahkan ceklist hari dimana PTK tersebut masuk dan uncheklist bagi PTK yang tidak masuk (ditunjukkan pada nomor lima)
  • Langkah berikutnya adalah silahkan klik menu simppan dan refresh dimana kedua menu ini sudah tersedia dilaman tersebut
  • Bagi PTK yang tidak masuk karena izin/sakit/tugas luar, maka kita diminta menginput surat izin/sakit/tugas luar dengan form yang sudah disediakan. Berikut ini adalah contoh surat ijin dari dinas karena tugas luar, beserta cara penginputannya di aplikasi tersebut:
  • Siapkan berkas surat ijin keluar. Anda dapat lihat contoh berkasnya dibawah ini:

  • Silahkan input data surat ijin berdasarkan data yang sudah dipersiapkan. Adapun data yang harus diinput adalah
    • Nomor Surat Izin 
    • Prihal Surat
    • Tanggal Surat 
    • Ditandatangani oleh 
    • NIP Penanda tangan 
    • Jabatan
    • Jenis Izin ( jenis izin disini berupa izin sakit, izin, tugas keluar, cuti tahunan, xuti besar, cuti sakit, cuti melahirkan, cuti karena alasan penting, cuti bersama dan cuti diluar tanggungan negara)
    • Mulai tanggal
    • Selesai tanggal 
    • Keterangan


 bagi anda yang sudah menyiapkan berkas surat tugasnya, anda dapat menginputkan data seperti alur yang digambarkan diatas. Inputkan Nomor surat tugas, kemudian inputkan prihal surat, tanggal surat, ditandatangani oleh siapa dalam surat tersebut, jabatan si penandatangan sebagai apa, NIP Penandatanganny juga harus diniputkan, jenis surat harus dipilih, mulai tanggal dan selesai tanggal juga harus diinputkan. setelah selesai simpan dan kemudian direfresh
demikanlah informasi terkait cara input daftar kehadiran GTK pada laman  http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id, semoga bermanfaat bagi semua.

Entri yang Diunggulkan

TRICK CLEAN UP WINDOW 10

  TRICK CLEAN UP WINDOW 10 Antonhehe.blogspot.com Trick 1 Pertama-tama, pergi ke menu Search dan masukan kata kunci "Disk C...